Kompas.com - 10/03/2017, 11:15 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Orang dewasa yang sudah terbiasa hidup dengan obesitas, cenderung enggan mencoba diet untuk menurunkan berat badan.

Tubuh yang menjadi gemuk, kini sudah bisa lebih diterima oleh masyarakat. sehingga semakin sedikit orang yang berniat kuat untuk melakukan diet, ungkap sebuah Studi.

Studi tersebut melibatkan 27.350 orang dewasa berusia antara 20 hingga 59 tahun yang diklasifikasikan sebagai kelebihan berat badan (BMI antara 25 dan 30) serta obesitas (BMI 30 dan ke atas).

Selama studi 20 tahun terakhir, jumlah peserta yang mencoba untuk menurunkan berat badan turun dari 56 persen menjadi 49 persen.

Selama periode itu pula, jumlah orang yang diklasifikasikan sebagai kelebihan berat badan atau obesitas meningkat 13 persen menjadi 66 persen.

Penurunan terbesar terjadi di kalangan perempuan kulit hitam, dari 66 persen pada 1988-1994 menjadi 55 persen pada 2009-2014. Namun, perempuan kulit hitam juga memiliki kemungkinan besar untuk menjadi gemuk.

Studi ini menunjukkan, bahwa tren diet menurun secara signifikan. Dr Jian Zhang, dari Georgia Southern University, AS, mengatakan, "Semakin sedikit orang dewasa yang mencoba untuk menurunkan berat badan, mungkin dikarenakan persepsi tentang bentuk tubuh yang telah berubah sehingga mengurangi motivasi penurunan berat badan.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Padahal, dokter dan tenaga kesehatan masih jarang membahas tentang masalah berat badan dan efek negatifnya dengan pasien,” imbuhnya.

Tak hanya memengaruhi rasa percaya diri, obesitas pun telah dikaitkan dengan masalah kesehatan ringan hingga kronis, seperti gangguan tidur, gangguan pernapasan, migrain, kelahiran prematur pada ibu obesitas, diabetes tipe 2, hingga kanker.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Sun

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Scleroderma
Scleroderma
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.