Kompas.com - 07/03/2017, 21:55 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak perlu bertanya-tanya mana rokok yang lebih sehat untuk tubuh Anda, karena jawabannya tidak ada. Bila kemudian muncul rokok rendah nikotin atau rendah tar, juga tidak dapat dibenarkan menjadi lebih aman.

"Tidak ada yang namanya rokok itu sehat karena kita memasukkan bahan berbahaya ke dalam tubuh walaupun ada yang dosisnya lebih rendah. Tapi itu kan semuanya racun. Suatu saat akan menimbulkan bahaya," ujar dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Persahabatan, Agus Dwi Susanto saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/3/2017).

Menurut Agus, klaim rendah tar atau nikotin hanya istilah pemasaran produk rokok saja. Namun, rokok yang kandungan tar dan nikotinnya lebih tinggi kemungkinan memang meningkatkan risiko timbulnya penyakit akibat merokok jadi lebih cepat.

"WHO pun mengatakan, tidak ada batas aman untuh bahan-bahan yang bersifat toksik (racun), terutama karsinogen. Rokok apapun bentuknya pasti tidak sehat. Semua berbahaya walaupun kandungannya lebih rendah," jelas Agus.

Begitu pula dengan adanya rokok elektronik atau vape. Uap yang dihasilkan dari hisapan vape bisa menimbulkan radikal bebas akibat reaksi cairan yang dipanaskan.

Penelitian juga menemukan, cairan vape yang dipanaskan dapat menghasilkan zat bersifat karsinogen yang memicu kanker. Jadi, cairan vape maupun uapnya tidak bebas dari bahan yang bersifat racun bagi tubuh.

Apalagi, rokok elektronik juga berisiko meledak saat digunakan. Dengan demikian, yang bisa diklaim lebih sehat adalah jika tidak merokok dan tidak terpapar asap rokok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.