Kompas.com - 03/03/2017, 14:38 WIB
Pengurus AIMI Yogyakarta 2017-2022. Dok AIMI YogyakartaPengurus AIMI Yogyakarta 2017-2022.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Urusan menyusui dan Air Susu Ibu (ASI) memang bukan hanya menjadi perhatian ibu hamil dan baru melahirkan. Mereka yang belum punya pengalaman menyusui juga tertarik mendalami dan bahkan terjun langsung sebagai bagian dari organisasi pendukung ibu menyusui.

Nurul Jamilah (26), konselor menyusui, terpilih sebagai Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Cabang Yogyakarta periode 2017-2022. Nurul Jamilah, yang biasa disapa Nunu atau Kak Nunu, sudah bergabung di AIMI Jogja sejak tahun 2013 dan menjadi konselor menyusui pada tahun 2014.

Lajang yang akrab disapa Nunu ini tengah menempuh pendidikan master di Fakultas Psikologi ini terpilih sebagai Ketua AIMI Jogja dalam Musyawarah Provinsi I AIMI Jogja pada Minggu (26/2/2017).

Nunu menggantikan Plt Ketua AIMI Jogja 2012-2017, Antonia Sinta. Ia pun menjadi satu-satunya ketua cabang AIMI yang masih berstatus lajang.

Dok AIMI Yogyakarta Nurul Jamilah, Ketua AIMI Yogyakarta
Ia mengaku kerap sekali mendapatkan pertanyaan mengenai kiprahnya di AIMI. “Penyebab terbesar kegagalan ASI eksklusif adalah kurangnya dukungan. Selama berpikir bahwa menyusui hanya urusan ibu-ibu, hanya urusan orang yang sudah menikah, atau cuma urusan tenaga kesehatan, jangan bermimpi angka menyusui mencapai target yang diharapkan,” kata Nunu.

Nunu menekankan, tantangan keberhasilan ibu menyusui terbesar datang dari keluarga dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, diperlukan grup pendukung ibu menyusui yang bisa menyampaikan informasi dan edukasi yang lebih membuka wawasan seputar faktor-faktor yang mendukung keberhasilan menyusui. 

Edukasi, sosialisasi, dan advokasi menyusui menjadi fokus Nunu untuk AIMI Jogja 5 tahun ke depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

AIMI Jogja berdiri sejak 2012. Adapun, kegiatan yang dilakukan secara berkala di antaranya, Kelas Edukasi Menyusui, Kelas Edukasi MPASI, Konseling Menyusui (Home/Hospital Visit), AIMI Goes to Office, AIMI Goes to Community, Advokasi bagi Ibu Menyusui, dan Sosialisasi Menyusui.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Mastiitis
Mastiitis
PENYAKIT
Pubertas Dini
Pubertas Dini
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.