Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/03/2017, 10:03 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber dr oz

KOMPAS.com - Penggunaan lensa kontak terlalu lama berisiko membuat mata kering dan akhirnya membuat lensa kontak sulit dilepas. Tapi sebenarnya, mungkinkah lensa kontak benar-benar dapat lengket di bola mata?

"Sebuah membran yang disebut konjungtiva dapat mencegah lensa kontak menempel permanen di permukaan mata Anda, terlebih masuk ke dalam bola mata," kata Andrea Thau, presiden dari American Optometric Association.

“Sifat dari konjungtiva membuat benda kecil apapun tidak mungkin untuk terperangkap di mata.”

Bila Anda mendapati lensa kontak sulit diangkat, meneteskan larutan tetes mata khusus lensa kontak dan membiarkannya beberapa menit bisa menjadi solusi.

Lakukan berulang hingga lensa kontak mudah diangkat. Hindari memaksa mencabut lensa kontak, sebab dapat membuat mata menjadi iritasi, bahkan merusak lapisan mata.

Pastikan pula Anda sudah mencuci bersih tangan dan menggunting kuku, sebab bakteri dalam kuku kerap membuat mata iritasi saat memasang dan melepas lensa kontak.

Jika lensa kontak tidak terlihat pada bola mata, padahal Anda belum mengeluarkannya--lensa kontak mungkin terjebak pada kelopak mata atas atau bawah, memijat lembut kelopak seraya meneteskan larutan tetes mata khusus lensa kontak dapat menjadi solusi.

Hindari menggunakan air, sebab air biasa justru dapat memperparah iritasi dan membuat mata kering.

“Jika Anda tidak dapat mengeluarkan lensa kontak dari mata Anda dengan metode tadi, segera hubungi dokter mata untuk mencari bantuan,” saran Thau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dr oz
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com