Mungkinkah Lensa Kontak Menempel di Mata?

Kompas.com - 03/03/2017, 10:03 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Penggunaan lensa kontak terlalu lama berisiko membuat mata kering dan akhirnya membuat lensa kontak sulit dilepas. Tapi sebenarnya, mungkinkah lensa kontak benar-benar dapat lengket di bola mata?

"Sebuah membran yang disebut konjungtiva dapat mencegah lensa kontak menempel permanen di permukaan mata Anda, terlebih masuk ke dalam bola mata," kata Andrea Thau, presiden dari American Optometric Association.

“Sifat dari konjungtiva membuat benda kecil apapun tidak mungkin untuk terperangkap di mata.”

Bila Anda mendapati lensa kontak sulit diangkat, meneteskan larutan tetes mata khusus lensa kontak dan membiarkannya beberapa menit bisa menjadi solusi.

Lakukan berulang hingga lensa kontak mudah diangkat. Hindari memaksa mencabut lensa kontak, sebab dapat membuat mata menjadi iritasi, bahkan merusak lapisan mata.

Pastikan pula Anda sudah mencuci bersih tangan dan menggunting kuku, sebab bakteri dalam kuku kerap membuat mata iritasi saat memasang dan melepas lensa kontak.

Jika lensa kontak tidak terlihat pada bola mata, padahal Anda belum mengeluarkannya--lensa kontak mungkin terjebak pada kelopak mata atas atau bawah, memijat lembut kelopak seraya meneteskan larutan tetes mata khusus lensa kontak dapat menjadi solusi.

Hindari menggunakan air, sebab air biasa justru dapat memperparah iritasi dan membuat mata kering.

“Jika Anda tidak dapat mengeluarkan lensa kontak dari mata Anda dengan metode tadi, segera hubungi dokter mata untuk mencari bantuan,” saran Thau.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber dr oz
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X