Maret, Sejumlah Wilayah Akan Alami Hari Tanpa Bayangan Matahari

Kompas.com - 02/03/2017, 19:51 WIB
Ilustrasi eskipaperIlustrasi
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Bulan Maret 2017 ini, sejumlah wilayah Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan matahari. Itu bukan karena mendung, tetapi karena gerak semu tahunan matahari.

Gerak semu membuat matahari selalu berpindah relatif terhadap bumi. Kadang berada di khatulistiwa, kadang di 23,5 Lintang Selatan, dan pada waktu lain di 23,5 Lintang Utara.

Dalam perjalanan gerak semunya, matahari kadang berada di tepat di atas kota tempat tinggal kita. Saat matahari tepat berada di atas kota kita itulah hari tanpa bayangan matahari terjadi.

Perlu dicatat, meskipun disebut hari tanpa bayangan matahari, fenomenanya tak terjadi seharian. Biasanya, waktu terjadinya mendekati atau tepat tengah hari.

Waktu terjadinya fenomena berbeda di tiap wilayah. Di Jakarta misalnya, hari tanpa bayangan matahari akan terjadi pada Sabtu (4/3/2017) pada pukul 12.04 siang.

Sementara, di Medan dan Pontianak, fenomena itu akan terjadi masing-masing pada 29 Maret 2017 pukul 12.30 WIB dan 20 Maret 2017 pukul 11.50 WITA.

Fenomena menarik ini akan terjadi dua kali setahun pada tiap kota. Anda bisa melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan tak adanya bayangan matahari pada waktu tersebut.

Bagaimana caranya? Simak penjelasannya pada Visual Interaktif Kompas di tautan ini. Anda juga mengetahui 17 fenomena langit terindah yang akan terjadi tahun 2017 ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X