Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maret, Sejumlah Wilayah Akan Alami Hari Tanpa Bayangan Matahari

Kompas.com - 02/03/2017, 19:51 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Bulan Maret 2017 ini, sejumlah wilayah Indonesia akan mengalami hari tanpa bayangan matahari. Itu bukan karena mendung, tetapi karena gerak semu tahunan matahari.

Gerak semu membuat matahari selalu berpindah relatif terhadap bumi. Kadang berada di khatulistiwa, kadang di 23,5 Lintang Selatan, dan pada waktu lain di 23,5 Lintang Utara.

Dalam perjalanan gerak semunya, matahari kadang berada di tepat di atas kota tempat tinggal kita. Saat matahari tepat berada di atas kota kita itulah hari tanpa bayangan matahari terjadi.

Perlu dicatat, meskipun disebut hari tanpa bayangan matahari, fenomenanya tak terjadi seharian. Biasanya, waktu terjadinya mendekati atau tepat tengah hari.

Waktu terjadinya fenomena berbeda di tiap wilayah. Di Jakarta misalnya, hari tanpa bayangan matahari akan terjadi pada Sabtu (4/3/2017) pada pukul 12.04 siang.

Sementara, di Medan dan Pontianak, fenomena itu akan terjadi masing-masing pada 29 Maret 2017 pukul 12.30 WIB dan 20 Maret 2017 pukul 11.50 WITA.

Fenomena menarik ini akan terjadi dua kali setahun pada tiap kota. Anda bisa melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan tak adanya bayangan matahari pada waktu tersebut.

Bagaimana caranya? Simak penjelasannya pada Visual Interaktif Kompas di tautan ini. Anda juga mengetahui 17 fenomena langit terindah yang akan terjadi tahun 2017 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com