Kompas.com - 01/03/2017, 17:22 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Rolin Andika, remaja berusia 17 tahun dikabarkan mengalami gizi buruk. Ia memiliki tubuh kurus dan sudah tidak bisa berjalan sejak kelas V SD. Lantas apakah kakinya yang tidak bisa berjalan disebabkan oleh gizi buruk atau adanya penyakit lain?

Dokter spesialis gizi klinik, Laila Hayati mengatakan, gizi buruk sendiri memang dapat menyebabkan seorang anak sampai tidak bisa berjalan.

Contohnya, bila mengalami gizi buruk sejak bayi, pertumbuhan dan perkembangan anak bisa terhambat, salah satunya tidak bisa berjalan.

"Secara umum, anak gizi buruk bisa sampai enggak bisa jalan karena ototnya kan lemah walaupun ada tulang," terang Laila saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/3/2017).

Laila menjelaskan, kekurangan gizi bisa membuat tubuh mengambil nutrisi dari otot untuk dipecah dan diubah jadi energi. "Nah, lama-lama kan habis (ototnya), kekuatannya enggak ada," papar Laila.

Otot dan tulang berfungsi untuk menopang kaki bisa berdiri.  Ketika kaki lama tidak digunakan untuk berjalan, lama,-kelamaan bisa mengecil seperti yang terjadi pada Rolin.

Namun, pada kasus Rolin perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan melihat riwayat penyakitnya. Gio (46), salah satu kakak ipar Rolin, mengungkapkan, telapak kaki Rolin pernah mengalami luka dan diduga terinfeksi pada usia 3 tahun.

Sejak saat itu, perkembangan kaki kanan Rolin jadi melambat dan ia harus jalan berjinjit. Selain itu,  keluarga pun membantah Rolin mengalami gizi buruk. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.