Kompas.com - 27/02/2017, 13:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Penyakit autoimun terjadi saat sistem imun, yang seharusnya melindungi tubuh, malah menyerang. Saat ini jumlah orang yang menderita penyakit ini terus meningkat.

Lebih dari 80 jenis penyakit autoimun telah diidentifikasi, namun ada beberapa penyakit yang gejalanya bisa berbahaya karena pengobatannya sulit.

- Penyakit Grave's
Penyakit ini disebabkan oleh kelenjar tiroid yang terlalu aktif. Menurut Asosiasi Tiroid Amerika, gejala penyakit ini adalah hipertiroid, penyakit mata, dan gangguan kulit.

Jika penyakit Grave's tidak ditangani bisa menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa, misalnya saja gangguan jantung, gangguan tiroid pada level berbahaya, gangguan kehamilan, dan kerapuhan tulang.

- Miokarditis Sel Besar
Ini merupakan penyakit peradangan pada miokardium (otot jantung). Jenis miokarditis sel besar ini termasuk penyakit yang langka. Gejala yang perlu diwaspadai adalah pembengkakan pada tumit, nyeri dada, irama jantung tidak teratur, kelelahan, dan napas sesak.

- Penyakit Addison
Penyakit ini terjadi ketika kelenjar adrenal tidak berfungsi dengan baik. Pemicunya adalah sel-sel imun menyerang kelenjar ini.

Kelenjar adrenal terletak di bagian atas ginjal dan memproduksi hormon-hormon yang diperlukan untuk fungsi tubuh. Gejala penyakit Addison meliputi otot lemah, kelelahan, warna kulit menjadi gelap, dan penurunan denyut jantung atau tekanan darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

- Granuloma dengan polyangitis
Penyakit ini menyebabkan peradangan di pembuluh darah pada hidung, sinus, tenggorokan, paru, dan ginjal. Penyakit yang sangat langka ini akan membuat aliran darah ke organ-organ tubuh menjadi lambat.

Gejalanya antara lain rasa kebas, ada darah di urine, batuk dengan dahak berdarah, ada borok di kulit, demam, kelelahan, dan sesak napas.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X