Usia Bertambah, Kepribadian Akan Berubah

Kompas.com - 27/02/2017, 11:00 WIB
Shutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Bila Anda mengira Anda adalah orang yang sama seperti saat remaja, maka kemungkinan besar hal itu salah. Kepribadian manusia ternyata akan terus berubah sepanjang usianya.

Demikian menurut penelitian yang dilakukan selama 63 tahun, studi terpanjang mengenai kepribadian manusia yang pernah dilakukan.

Studi itu dimulai tahun 1950 oleh tim psikolog dari Universitas Edinburgh Inggris yang menganalisis data lebih dari 1.200 asesmen kepribadian pada murid-murid berusia 14 tahun.

Ada 6 ciri kepribadian yang dinilai, yakni kepercayaan diri, rasa ingin tahu, ketekunan, hasrat untuk unggul, keaslian, dan stabilitas mood.

Sekitar 63 tahun kemudian, tim peneliti melacak 174 pelajar tersebut yang saat ini rata-rata sudah berumur 77 tahun. Para responden itu lalu melakukan tes kepribadian ulang untuk mengukur 6 ciri kepribadian yang sama seperti saat mereka berumur 14 tahun. Mereka juga diminta mengajak pasangannya untuk menilai aspek yang sama.

Hasilnya ternyata jauh berbeda, dan hanya ada sedikit korelasi seperti dalam hal kestabilan mood dan rasa ingin tahu.

"Makin panjang interval antara kedua pengujian kepribadian, makin bisa berbeda hasilnya. Kepribadian akan berubah perlahan-lahan seumur hidup kita. Tapi, kepribadian di usia tua tentu sangat berbeda dengan seperti masa anak-anak," tulis peneliti dalam laporannya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorLusia Kus Anna
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X