Kompas.com - 13/02/2017, 21:31 WIB
Ilustrasi thinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Duduk lama menonton televisi atau bermain gadget takkan merugikan kesehatan anak selama orangtua memastikan anak-anak mereka mendapatkan waktu yang cukup untuk bermain di luar ruangan dan olahraga, ungkap sebuah penelitian.

Dr Christopher Ferguson, psikolog asal Florida, mempelajari lebih dari 6.000 anak-anak hingga remaja dan menemukan hubungan yang kecil antara penggunaan komputer dan televisi dalam jangka waktu enam jam per hari dan risiko meningkatnya depresi dan kenakalan.

Dr Ferguson mengatakan, menghabiskan waktu yang lama di depan layar hanya akan memengaruhi kesejahteraan fisik jika anak-anak hanya mendapatkan sedikit waktu untuk berolahraga.

Dia menambahkan, "Jika rekomendasi untuk kegiatan fisik terpenuhi, waktu yang dihabiskan di depan layar tidak lagi berhubungan dengan obesitas."

Agar sehat, anak-anak sebaiknya menghabiskan waktu untuk bermain di luar setidaknya 30 menit setiap hari, yang bisa diisi dengan berolahraga atau melakukan aktivitas permainan fisik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Parafimosis
Parafimosis
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.