Kompas.com - 13/02/2017, 11:00 WIB
Ilustrasi deteksi stroke. ThinkstockIlustrasi deteksi stroke.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Pengobatan baru untuk mengurangi keparahan kecacatan karena stroke dilaporkan bakal diperkenalkan oleh National Health Service, Inggris.

Rancangan kebijakan NHS di Inggris terhadap pengobatan itu, mechanical thrombectomy, merekomendasikan penerapannya oleh pusat-pusat spesialis di seluruh Inggris.

Dokter-dokter menyebutkan pengobatan itu "mengembalikan kehidupan" pasien ketika  mereka biasanya sudah meninggal atau menjadi lumpuh akibat sumbatan serta pecahnya pembuluh darah.

Pengobatan itu memasukkan sebuah tabung kecil di pembuluh arteri pangkal paha dan bermanuver menuju otak. Bekuan darah kemudian disedot ke dalam tabung atau ditarik dengan kabel kecil.

Terapi ini disebutkan bermanfaat untuk mereka yang mengalami bekuan darah parah yang tidak selalu dapat dipecah oleh penggunaan obat-obatan.

Konsultan neurologi Sanjeev Nayak yang memelopori pengobatan itu di University Hospital of North Midlands NHS Trust mengatakan,"Ini merupakan satu dari 10 besar inovasi medis dari sepuluh tahun lalu."

Pengujian terapi itu menemukan, terapi itu dapat meningkatkan proporsi orang yang dapat kembali berfungsi secara mandiri 90 hari setelah stroke antara 19 dan 35 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Inggris terjadi lebih dari 100.000 kasus stroke setiap tahun, menurut the Stroke Association.

Stroke merupakan penyebab kematian keempat dan penyebab utama kecacatan di Inggris. Sekitar dua pertiga penyintas stroke meninggalkan rumah sakit dengan kecacatan yang dideritanya.



Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Kesemutan
Kesemutan
PENYAKIT
Pes
Pes
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.