Kapan Sakit Kepala Saat Hamil Perlu Diwaspadai?

Kompas.com - 12/02/2017, 18:55 WIB
Ilustrasi. ThinkstockIlustrasi.
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sering sakit kepala semenjak hamil? Adakah yang perlu Ibu khawatirkan dengan kondisi ini? Dalam buku Mayo Clinic Guide To A Healthy Pregnancy Harms karangan Roger W, MD diungkapkan, sakit kepala merupakan salah satu gangguan yang umum terjadi pada ibu hamil. Mungkin saja terjadi sepanjang kehamilan, namun cenderung terjadi pada trimester pertama dan ketiga.

Pada trimester pertama, sakit kepala biasanya disebabkan oleh perubahan hormon serta peningkatan volume darah dalam tubuh. Jadi tak perlu dikhawatirkan.

Sementara pada trimester akhir, sakit kepala biasanya disebabkan karena janin yang semakin berkembang. Kondisi ini akan semakin diperparah jika kondisi Ibu tidak fit, stres, dan susah tidur.

Di trimester ketiga, sakit kepala perlu diwaspadai karena ada kemungkinan merupakan gejala preeklamsia, yaitu tekanan darah tinggi akibat kehamilan. Kondisi ini tentu berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

Dalam tabloid Nakita Edisi 893, dr. Khanisyah Erza Gumilar, SpOG mengungkapkan gejala sakit kepala perlu diwaspadai sebagai tanda preeklamsia. Tanda-tanda tersebut antara lain disertai gangguan penglihatan, nyeri ulu hati dan mual muntah.

Lalu apa yang bisa Ibu hamil lakukan saat mengalami sakit kepala? Ibu hamil bisa mengatasinya sendiri jika memang sakit kepala tersebut bukanlah gejala preeklamsia.

Menurut Lillian Schapiro, MD, seorang spesialis kandungan di Atlanta, dehidrasi dapat menjadi penyebab sakit kepala, maka penting bagi Ibu untuk memastikan asupan air dalam tubuh.

“Selain air minum, Ibu juga bisa lebih sering makan dengan porsi makan yang lebih kecil untuk mencegah gula darah rendah dan punya jadwal istirahat yang cukup untuk mencegah kelelahan,” tambahnya.

Selama masih bisa ditahan, Ibu tak perlu mengasup obat-obatan pereda nyeri sakit kepala. Konsumsi obat sakit kepala sebetulnya diperbolehkan asalkan penyebabnya bukan preeklamsia.

Jadi, pastikan dulu ke dokter apa penyebab sakit kepala pada ibu hamil. Beberaa NSAID (Non Steroidal Anti Inflammatory Drugs atau obat anti inflamasi non-steroid) seperti parasetamol dan asam mafenamat sudah dinyatakan aman bagi Ibu hamil dan janin.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X