Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suara Balon Meletus Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran

Kompas.com - 12/02/2017, 16:17 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber The Sun

KOMPAS.com - Pesta penuh balon memang lekat dengan dunia anak-anak. Namun, ada baiknya menyiapkan penutup telinga bila datang ke pesta dengan konsep memecahkan balon.

Pasalnya, setelah dilakukan uji laboratorium, suara paling keras balon pecah dapat mencapai 168 desibel, 28 desibel lebih tinggi dari rekomendasi keselamatan 140 desibel, yang berarti bahkan satu paparan bisa dianggap tidak aman untuk pendengaran dan berpotensi merusak gendang telinga.

Bahkan, ketika sering terpapar suara balon pecah, kondisi itu dapat menyebabkan tuli, terutama pada anak-anak.

Sebenarnya tak hanya anak-anak, para peneliti dari University of Alabama mengatakan, remaja dan orang dewasa juga dapat terkena dampaknya. Mendengar 3 kali letusan balon, sudah dapat menyakiti pendengaran mereka dan dapat menyebabkan gangguan pendengaran secara bertahap.

Profesor Bill Hodgetts mengatakan, bahwa ini bukan berarti Anda dan anak-anak tidak boleh bermain balon dan tidak bisa bersenang-senang. Hanya penting untuk menghindari bahaya yang mungkin muncul. Setiap suara keras memiliki dampak potensial seumur hidup.

Hodgetts menekankan, tim peneliti ingin orang-orang untuk lebih berhati-hati terhadap kemungkinan kerusakan pendengaran yang akan terjadi seumur hidup, karena tidak ada alat bantu dengar yang sebaik telinga Anda saat ini.

Gemma Twitchen, audiolog senior di lembaga amal Action on Hearing Loss mengatakan, sementara anak-anak cinta balon, sangat penting untuk memastikan bahwa anak-anak tidak mengalami paparan kebisingan reguler di atas 85 desibel, karena ada peningkatan risiko rusaknya pendengaran.

Karena itu, kami merekomendasikan orangtua untuk meminimalkan risiko dengan cara menjaga balon jauh dari kepala dan telinga anak-anak jika ingin memecahkannya dan mencegah anak-anak memecahkan balon satu sama lain, walaupun untuk bersenang-senang.

“Masih ada cara lain yang lebih aman untuk bersenang-senang dengan balon,” ujar Gemma.

Hodgetts mendesak orang-orang untuk mulai memandang gangguan pendengaran seserius kerusakan kulit akibat matahari.

"Gangguan pendengaran adalah salah satu masalah yang bahkan banyak orang tidak berpikir tentang hal itu. Namun setelah Anda atau anak Anda memilikinya, hal itu berdampak pada keseluruhan hidup.”

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com