Kompas.com - 11/02/2017, 16:46 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Prediabetes atau kadar gula darah di atas normal, meski belum tergolong diabetes, merupakan peringatan yang tidak boleh diabaikan. Jika dibiarkan, prediabetes akan berkembang menjadi diabetes. Jadi mulailah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

"Gaya hidup adalah andalan dalam pengobatan ketika sudah terkena prediabetes," kata dokter Deena Adimoolam, MD, dari Mount Sinai School of Medicine. Ia pun memaarkan 6 hal yang perlu dilakukan ketika sudah didiagnosis prediabetes.

1. Menuju berat badan ideal
Sebagian besar kasus diabetes adalah akibat kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk itu, mulailah menurunkan berat badan sehingga mencapai berat badan ideal. Deena mengatakan, penurunan berat badan sebanyak 10 persen saja sudah menurunkan risiko prediabetes menjadi diabetes.

Tak perlu langsung diet ketat, mulailah dengan menghentikan konsumsi minuman yang manis dan mengurangi makanan yang berlemak tinggi.

2. Periksa kadar vitamin D dan tiroid
Menurut penelitian, orang dengan prediabetes yang kurang kadar vitamin D rendah lebih berisiko terkena diabetes dibanding mereka yang mendapat suplemen vitamin D.

Begitu pula halnya dengan kadar tiroid. Menurut hasil studi yang dipaparkan di Endocrine Society, peneliti menduga hormon tiroid dapat menjaga metabolisme tubuh.

3. Tetap aktif bergerak
Jangan malas bergerak jika tak ingin sakit. Olahraga teratur adalah salah satu kunci dalam mencegah diabetes. Olahraga membantu penurunan berat badan. Jika tidak terbiasa olahraga, mulailah dengan jalan cepat minimal 3 kali dalam seminggu.

4. Cek adanya sleep apnea
Orang dengan diabetes biasanya juga mengalami sleep apnea atau henti napas saat tidur. Sleep apnea terus menerus bisa mengurangi suplai oksigen di otak. Mengatasi sleep apnea dinilai dapat menurunkan risiko diabetes.

5. Konsumsi masakan yang sehat
Masakan sehat yang dimaksud adalah bukan hanya dari jenis makanannya, tetapi cara memasaknya. Menurut penelitian di Mount Sinai, mereka yang prediabetes lebih baik konsumsi makanan yang direbus atau dikukus. Hindari makanan yang digoreng untuk mencegah peradangan dan terjadi resistensi insulin.

6. Rajin cek kesehatan
Cek kesehatan secara berkala sangat penting dilakukan untuk mencegah diabetes. Rutinlah cek gula darah, kadar kolesterol, hingga tekanan darah. Bila menerapkan gaya hidup sehat, hasil cek kesehatan umumnya akan lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.