Kompas.com - 10/02/2017, 17:15 WIB
Komet 45P/Honda–Mrkos–Pajdušáková. M. Jäger Komet 45P/Honda–Mrkos–Pajdušáková.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Dua fenomena langit menarik akan terjadi menjelang fajar pada Sabtu (11/2/2017). Keduanya bisa disaksikan bila cuaca mendukung.

Fenomena pertama adalah gerhana bulan penumbra. Ini adalah saat matahari, bumi, dan bulan terletak segaris tetapi bulan berada di bayang-bayang penumbra bumi.

Meski bisa disaksikan dengan mata telanjang, gerhana ini sulit disadari. Bulan takkan berwarna merah darah saat gerhana penumbra tetapi hanya akan sedikit meredup.

Menurut situs astronomi Langitselatan, warga Indonesia barat bisa menyaksikan tahap awal hingga menjelang puncak gerhana ini. Itu akan terjadi mulai pukul 5.34 WIB.

Fenomena lain yang juga bisa disaksikan adalah lewatnya komet 45P/Honda–Mrkos–Pajdušáková. Komet itu harus disaksikan dengan binokuler atau teleskop sebab penampakannya redup.

Astronom amatir Ma'rufin Sudibyo saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu mengatakan, komet itu sudah tampak sejak Desember 2016. Namun, saat terbaik untuk menyaksikannya adalah bulan Februari 2017.

"Pertama, kedudukannya cukup tinggi dari cakrawala timur. Kedua, saat itu kometnya cukup dekat dengan Bumi," ungkapnya. Bagi yang tinggal di Jawa, cuaca menjelang fajar cenderung lebih cerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ma'rufin, komet tersebut bisa disaksikan menjelang fajar, sekitar pukul 04.00 WIB. Namun, situs Langitselatan menyatakan, komet sebenarnya sudah terbit sejak pukul 01.30 WIB dengan magnitudo 7,96.

Pencarian lokasi pengamatan penting jika ingin berburu komet. Tempat yang lapang dan minim polusi cahaya adalah pilihan utama. Semakin gelap, semakin besar pula peluang melihat komet.

17 Fenomena 2017

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.