Kompas.com - 10/02/2017, 17:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Cukup banyak masyarakat yang menderita penyakit usus buntu. Penyakit ini merupakan pembengkakkan atau peradangan pada usus buntu. Cukup dengan operasi kecil, masalah pada usus buntu pun bisa diatasi.

Namun, jika penyakit tak segera ditangani akan menyebabkan pecahnya usus buntu. Pecahnya usus buntu bisa berakibat fatal bagi sistem pencernaan. Mari kenali tanda-tanda penyakit usus buntu akan seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Sakit perut akut
Gejala umum dari penyakit usus buntu adalah sakit perut. Namun, jika sakit perut sudah bertambah parah, terutama di perut bagian bawah, waspadai kemungkinan usus buntu akan pecah. Jangan sampai terlambat, segera periksa ke dokter jika perut terus bertambah rasa nyerinya.
   
2. Mual
Merasa mual hampir setiap hari harus dicari tahu penyebabnya. Jangan-jangan salah satu penyebabnya adalah masalah pada usus buntu meskipun sistem pencernaan terasa baik-baik saja.
   
3. Muntah
Sering muntah bisa menjadi sinyal usus buntu sudah semakin parah atau akan pecah. Muntah yang dialami seperti saat awal kehamilan, mengalami stres, atau gangguan pencernaan.


4. Kehilangan napsu makan
Usus buntu yang mengalami peradangan bisa menyebabkan seseorang kehilangan napsu makan. Bila Anda sering merasa tidak lapar pada waktu makan biasanya tanpa alasan yang jelas, bisa jadi gejala usus buntu.

 5. Sering buang air kecil
Tanpa disadari, sering buang air kecil juga bisa jadi gejala peradangan usus buntu. Hal ini jika usus buntu terletak di dekat kandung kemih sehingga menyebabkan iritasi.

 6. Demam
Demam yang diikuti dengan rasa nyeri perut bagian bawah dan mual merupakan tanda peradangan usus buntu berpotensi pecah. Biasanya juga disertai dengan mengigil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Boldsky


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.