Kompas.com - 08/02/2017, 10:35 WIB
ilustrasi Shutterstockilustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Mendonasikan darah adalah tindakan yang mulia. Satu orang yang mendonasikan darah secara rutin dapat menyelamatkan sekitar 1.000 nyawa seumur hidupnya.

Menurut data WHO, sebanyak 25 persen dari kita akan membutuhkan transfusi darah di beberapa titik dalam hidupnya.

Itulah mengapa mendonasikan darah menjadi sangat penting karena, dengan demikian, manusia bisa saling membantu sesamanya.

Untuk bisa mendonasikan darah, hendaknya seseorang harus memenuhi syarat dan mengetahui hal-hal ini.

1. Periksa apakah Anda sehat

Bank darah memang membutuhkan banyak donor, tetapi mereka tidak akan mengambil darah sembarang orang.

Kebanyakan negara mensyaratkan donor berusia minimal 17 tahun, dengan berat setidaknya 50 kg atau kurang sedikit dan tidak ada masalah kesehatan.

Biasanya, seseorang ditolak mendonasikan darahnya jika baru saja menato dirinya, berhubungan seks berisiko, dan memiliki tekanan darah rendah atau anemia.

2. Pertahankan kadar zat besi

Jika Anda yakin memenuhi syarat sebagai donor, silakan datang ke PMI atau institusi kesehatan terdekat untuk menyatakan maksud Anda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X