Mitos Seputar Minuman Bersoda

Kompas.com - 07/02/2017, 15:15 WIB
shutterstock
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Air putih biasa terkadang memang membosankan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ada kalanya kita ingin mengonsumsi minuman lain, misalnya minuman bersoda.

Tapi, banyak rumor menyebutkan bahwa minuman bersoda dapat membahayakan kesehatan Anda. Benarkah? Inilah kebenarannya.


Mitos: Minuman bersoda buruk untuk gigi Anda

Asam karbonat, yang terbentuk ketika H2O bertemu C02, dalam konsentrasi yang sangat tinggi dapat mengikis enamel gigi.

Tapi, selama Anda tidak minum enam porsi setiap hari, ditambah jus asam dan minuman manis lainnya, senyum Anda tetap aman, kata Timothy Chase, seorang dokter gigi di New York City.


Mitos: Minuman bersoda bisa membuat perut Anda mulas

Para peneliti menolak anggapan bahwa minum air berkarbonasi dapat menyebabkan asam refluks. Jika Anda sudah rentan terhadap mulas sebelumnya, sebaiknya Anda lebih memilih makanan dan minuman yang biasa (air putih).

Pasalnya, jika Anda nekat minum minuman berkarbonat, ada bukti ilmiah menunjukkan bahwa gelembung pada minuman tersebut dapat memperburuk masalah yang sudah ada sebelumnya.

Gelembung itu akan merelaksasi bukaan esofagus menjadi lebih rendah dari kerongkongan, sehingga asam lebih mudah naik ke kerongkongan Anda, kata Melina Jampolis, M.D., penulis The Doctor on Demand Diet.

Tapi pada orang tanpa masalah asam refluks, minuman ini tak menimbulkan efek mulas.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X