Kompas.com - 07/02/2017, 09:05 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Banyak anak-anak yang senang bermain bubble gun atau pistol gelembung sabun. Namun, pemakaian sabun yang salah berisiko membuat mata anak cedera.

Menurut sebuah laporan baru yang diterbitkan dalam JAMA Ophthalmology, kasus cedera mata akibat sabun kimia pada anak usia prasekolah meningkat 32 kali lipat antara tahun 2012 dan 2016.

Cedera mata dengan sensasi terbakar tersebut diderita anak saat mereka bermain bubble gun atau pistol yang dapat menciptakan gelembung sabun. Banyak orangtua yang bahkan tidak menyadari potensi bahaya saat mereka menggunakan deterjen cuci cair.

"Hal ini berisiko sangat serius," kata rekan penulis studi, R. Sterling Haring. "Bahan kimia seperti yang ditemukan dalam deterjen cuci biasa dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, berisiko mengakibatkan kerusakan mata permanen bila gelembung tersebut mengenai mata anak."

Menurut laporan itu, hampir 85 persen dari kasus cedera mata terjadi di rumah. Meski hanya 12 kasus cedera mata yang berhubungan dengan penggunaan deterjen cair pada tahun 2012, namun di tahun 2016 ada 480 anak-anak yang alami cedera mata akibat deterjen yang tidak aman pada bubble gun.

"Selain cedera mata, ada potensi bahaya lain ketika anak-anak menganggap gelembung sabun seperti permen dan memakannya. Sehingga pada akhir 2016, 99 persen dari produk bubble gun dengan merek terdaftar telah diminta memenuhi standar keamanan bagi anak-anak,” kata Haring.

Walau begitu, masih banyak bubble gun yang dijual di pasaran tanpa standar keamanan, sehingga orangtua diminta lebih waspada ketika ingin membeli atau menggunakannya bersama anak-anak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.