Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Kembali Lelap Setelah Terbangun Tengah Malam

Kompas.com - 02/02/2017, 21:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, bisa kembali tidur dengan cepat saat terbangun di tengah malam adalah hal yang sulit. Namun, tiga cara ini bisa membuat Anda kembali tidur dengan cepat.

Terbangun di tengah malam dan sulit untuk tidur kembali berpotensi membuat kualitas tidur Anda menurun. Terlebih bila Anda merupakan tipe orang yang memang sulit untuk memejamkan mata setelah terbangun dari tidur.

Bahkan, kurang tidur telah dikaitkan dengan banyak risiko, seperti ketidakmampuan untuk fokus, potensi kecelakaan berkendara akibat kantuk, hingga emosi yang tak terkendali.

Berita baiknya, ahli tidur memberikan beberapa tip yang bisa Anda coba agar tak terlalu lama terjaga di tengah malam.

Tetap berada di tempat tidur

Pakar tidur Dr Michael Breus, penulis buku The Power of When, mengungkapkan bahwa kunci tidur cepat ialah tetap berada di tempat tidur, tepatnya di bawah selimut Anda, walau mata terasa tak mengantuk.

Meski Anda tergoda untuk mengosongkan kandung kemih, bila tidak benar-benar penuh, tetap di tempat tidur adalah pilihan tepat.

Sebab, jika Anda meninggalkan tempat tidur dan bergerak, denyut jantung menjadi meningkat, karena harus memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Padahal, denyut jantung rendah adalah kunci utama tidur cepat.

Jangan melihat jam

Dr Breus mengatakan, bila Anda meletakkan jam di kamar tidur, letakkan jam di tempat yang sedikit sulit untuk dilihat, seperti di meja sisi. Sehingga, saat Anda terbangun di tengah malam, Anda bisa memutuskan untuk tidak melihat jam sama sekali.

Sebab, kebiasaan melihat jam saat terbangun tengah malam dapat membuat otak waspada, karena waktu semakin mendekati pagi.

Baiknya, agar pikiran tenang tidurlah kembali, dan biarkan alarm yang mengerjakan tugasnya untuk membangunkan Anda tepat waktu.

Ambil napas dalam sebanyak 3 kali

Pakar tidur US Dr Andrew Weil mengatakan, bernapas dalam dapat membantu Anda tertidur dalam waktu kurang dari satu menit.

Teknik ini membantu untuk menenangkan pikiran dan mengendurkan otot-otot dengan memungkinkan tubuh mengambil lebih banyak oksigen, sistem saraf menjadi lebih santai, dan mempromosikan keadaan tenang.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com