Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2017, 17:55 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Anda yakin kacamata hitam atau sunglasses yang sering Anda pakai masih efektif melindungi mata Anda dari kerusakan akibat sinar UV?

Menurut sebuah penelitian di Brasil, perlindungan sunglasses akan berkurang dari waktu ke waktu dan saat ini belum ada tes industri yang bisa menentukan dengan pasti berapa lama sebaiknya sunglasses digunakan.

Di Brasil, kebanyakan orang memakai sunglassess yang itu-itu saja selama sekitar dua tahun, sekitar setidaknya dua jam sehari. Sampai sekarang, belum ada bukti bahwa lensa penghalau sinar UV dapat memberikan tingkat perlindungan yang sama selama jangka waktu dua tahun.

Tidak adanya rekomendasi dari para produsen mengenai kapan tepatnya orang harus memensiunkan sunglasses mereka, menjadi masalah tersendiri, kata para peneliti.

Padahal, melindungi mata dari sinar matahari sangat penting untuk dilakukan, mengingat paparan sinar UV dapat menyebabkan katarak, kerusakan retina, dan masalah penglihatan jangka panjang.

Penelitian ini berfokus pada sistem yang berlaku di Brasil yang mengklasifikasi kacamata berdasarkan kategori kegelapan lensa dan tingkat perlindungan terhadap UV.

Untuk mendapat sertifikasi salah satu kategori ini, lensa harus lulus tes paparan lampu simulator matahari berkekuatan 450 watt selama 50 jam pada jarak 30 sentimeter. Ini sama dengan paparan sinar matahari musim panas selama dua hari penuh, atau empat hari paparan sinar matahari musim dingin.

Namun, karena letak Brasil berdekatan dengan khatulistiwa (sama seperti Indonesia), sinar matahari di negara itu lebih kuat daripada rata-rata negara yang jauh dari garis khatulistiwa.

Jadi dalam kenyataannya, tes ini setara dengan 23,5 jam paparan sinar matahari di kota yang panas, misalnya São Paulo.

Dua tahun adalah batas maksimal penggunaan sunglasses di negara-negara tropis. Namun, jika Anda bersedia menggantinya lebih sering, tentu akan lebih baik, apalagi jika Anda banyak berkegiatan di luar rumah.

Perhitungan ini berlaku khusus untuk Brasil dan negara-negara khatulistiwa lainnya, kata penulis studi Liliane Ventura, PhD, seorang profesor di University of São Paul.

Peneliti juga menyarankan agar Anda membeli kacamata hitam dengan lensa yang diberi label "100% perlindungan UV" atau "UV400".

Ukuran lensa juga perlu dipertimbangkan. Semakin luas lensa yang Anda pilih akan semakin baik karena itu berarti semakin luas pula area sekitar mata yang terlindungi dari paparan sinar UV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com