Kompas.com - 26/01/2017, 21:19 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com- Seringkali terjaga hingga larut malam? Itu bisa jadi pertanda kecerdasan. Ilmuwan Inggris menemukan kaitan antara orang yang menikmati gaya hidup nokturnal dengan kecerdasan mereka.

Studi yang diberi judul Why Nights Owl are More Intelligent itu menemukan mereka yang terjaga hingga larut cenderung lebih cerdas dibandingkan yang pergi tidur lebih cepat. Mereka pun menemukan anak yang tidur lebih larut cenderung berkembang menjadi orang dewasa cerdas.

Hasil penelitian itu didasarkan pada konsep bahwa orang yang cerdas cenderung mengadopsi nilai-nilai evolusioner, seperti tidur lebih larut.

Nenek moyang kita secara tradisional pergi tidur dan bangun pagi. Mengubah pola tidur menunjukkan kita mampu mengadaptasinya menjadi kehidupan moderen.

Tetapi, itu bukan satu-satunya manfaat dari tidur larut. Studi lain membuktikan pula selain memiliki kecerdasan lebih tinggi, burung hantu pun cenderung lebih makmur.

Para ahli dari University of Madrid melakukan tes pada 1.000 orang remaja dan menemukan mereka yang memilih tidur lebih larut menunjukkan sejenis kecerdasan yang berhubungan dengan pekerjaan bergengsi dan pendapatan lebih tinggi.

Namun bukan berarti bangun pagi tidak ada manfaatnya. "Orang pagi" sering menunjukkan hasil ujian lebih baik. Mungkin karena pelajaran ditangkap pada waktu yang salah di kalangan "orang malam".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.