Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ngeri, Jangan Sampai "Neraka" Turun ke Bumi!

Kompas.com - 26/01/2017, 15:52 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis


KOMPAS.com – Kerusakan bumi kian berdampak terhadap penghuninya, termasuk manusia. Udara makin kotor, air bersih lebih sulit didapat, belum lagi cuaca tambah tak menentu.

Beberapa film Hollywood bahkan pernah menggambarkan bumi yang sedang “sekarat”. Dalam film Interstellar, misalnya, tanah digambarkan tak mampu lagi memproduksi pangan selain jagung. Hujan pun dikatakan hanya turun satu-dua kali selama setahun.

Makin memprihatinkan, di situ tergambar debu berterbangan di mana-mana mengotori rumah dan paru-paru. Udara bersih sulit didapat. Bumi di ambang kehancuran. Neraka pun berasa mendadak pindah ke Bumi.

Dalam versi nyata, cuaca memang kian ekstrem. Kemarau menjadi sangat panas sampai membuat beberapa wilayah di Indonesia gagal panen pada 2016. Di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, contohnya, ratusan petani jagung gagal memanen hasil kebunnya.

(Baca: Gagal Panen, Ratusan Petani Jagung di Karo Merana)

Nyata juga, suhu bumi semakin panas. Dalam tiga bulan pertama pada 2016, suhu rata-rata bumi naik 1,15 derajat Celsius. Angka ini lebih tinggi 0,28 derajat Celsius dibanding catatan tahun sebelumnya.

Jika dibiarkan, tak cuma panen gagal, kenaikan suhu bahkan ditengarai bisa berdampak pada pencairan es di Antartika. Penelitian Penn State University pada 2016 mendapati proyeksi kenaikan muka laut global mencapai 1,14 meter pada 2100.

NASA Gambaran suhu harian Indonesia dengan skenario emisi tinggi berdasarkan prediksi NASA.

Bila hal itu sampai terjadi, pulau-pulau kecil dan daerah pesisir Indonesia bisa tenggelam. Bersamaan, di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Semarang, kenaikan air laut juga diperparah dengan penyedotan air tanah dan beban bangunan yang kian padat. Penurunan muka tanah pun tak bisa dihindari.

"Kenaikan muka air laut tiap tahun lebih cepat dengan suhu terus menghangat," ujar Kepala Pusat Perubahan Iklim dan Kualitas Udara pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Dodo Gunawan, seperti dikutip harian Kompas edisi Jumat (1/4/2016).

Ia mengatakan, secara umum negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, akan mengalami kenaikan muka air laut sekitar 40 sampai 60 sentimeter sampai akhir abad ini.

Namun, prediksi tersebut bisa jadi meleset—semakin buruk—jika masyarakat dunia berpangku tangan terhadap laju emisi gas rumah kaca (GRK), penyebab kenaikan suhu bumi. Kenaikan muka air laut bisa jadi dua kali lipat lebih tinggi.

Kontribusi

Berbeda dengan film Interstellar, kita tak bisa tiba-tiba "kabur" mencari kehidupan baru di planet lain, ketika kondisi Bumi sudah tak terselamatkan. Perkembangan teknologi terkini belum cukup mumpuni menjalankan misi macam itu.

Cara terbaik adalah mencegah atau setidaknya memperlambat proses pemanasan bumi dengan menekan jumlah emisi. Indonesia—bersama lebih dari 130 negara lain—sebenarnya sudah sepakat untuk lebih gencar menekan GRK sejak menandatangani Kesepakatan Paris di New York, AS, pada 22 April 2016.

Berdasarkan basis emisi pada 1990, Indonesia berkomitmen menurunkan emisi 26 sampai 41 persen pada 2020 dan 29 sampai 41 persen pada 2030.

NASA GISS Ilustrasi catatan suhu panas bumi pada Juli 2015 menurut pantauan NASA

Tentu saja target ini tak bisa dicapai bila pemerintah hanya bekerja sendiri. Perusahaan dan masyarakat umum juga wajib bergotong royong agar target tersebut jadi nyata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com