Kekurangan Vitamin D Sebabkan Kekuatan Tubuh Menurun

Kompas.com - 25/01/2017, 10:03 WIB
Ikan salmon ShutterstockIkan salmon
|
EditorBestari Kumala Dewi

 

KOMPAS.com - Kekurangan vitamin D dapat secara serius menghambat kekuatan dan kinerja atletik, demikian menurut sebuah studi baru dari University of Tulsa.

Para peneliti memelajari kadar vitamin D pada sekitar 100 atlet perguruan tinggi. Mereka juga menguji seberapa cepat para atlet bisa berlari, seberapa tinggi dan seberapa jauh mereka bisa melompat, dan berapa banyak mereka bisa melakukan squat dalam satu repetisi.

Sekitar satu dari tiga atlet memiliki kadar vitamin D yang memadai (kurang dari 72 nanomoles perliter darah).

Atlet dengan kadar vitamin D yang memadai ini dapat melakukan squat 77 persen lebih ringan dibanding yang kekurangan vitamin D.

Kemampuan lari atlet yang kekurangan vitamin D juga 18 persen lebih lambat, kemampuan melakukan lompatan vertikal 15 persen lebih rendah, dan jarak lompatan 80 persen lebih pendek.

Mengapa ini bisa terjadi? Teori menyebutkan vitamin D dapat membantu sel-sel otot melepaskan kalsium dengan lebih efisien selama proses kontraksi otot, kata penulis studi Rachel Hildebrand, Ph.D.

Pelepasan kalsium menyebabkan kontraksi otot menjadi lebih cepat dan lebih kuat, kata Hildebrand. Artinya, Anda bisa melompat lebih tinggi, berlari lebih cepat, dan mengangkat beban berat.

Namun, Brad Schoenfeld, Ph.D., asisten profesor ilmu olahraga di Lehman College, skeptis bahwa vitamin D dapat memengaruhi perbedaan kekuatan hingga begitu banyak.

Dia menyoroti skala penelitian ini, yang disebutnya hanya skala kecil dan hanya menemukan hubungan antara vitamin D dengan kekuatan, tapi tidak membuktikan hubungan sebab dan akibat.

Meski begitu, Schoenfeld mengakui bukti bahwa vitamin D berperan dalam kekuatan dan pengembangan otot, katanya.

Karena itu, jika Anda ingin selalu bugar dan maksimal dalam aktivitas dan berolahraga, pastikan Anda cukup mengasup vitamin D.

The Endocrine Society merekomendasikan konsumsi 1.500 hingga 2.000 IU vitamin D sehari. Perbanyak makan makanan kaya vitamin D seperti ikan berlemak yang mengandung sekitar 100 IU perporsi.

 



Sumber

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X