Mengapa Pneumonia Sering Menyerang Lansia?

Kompas.com - 23/01/2017, 20:35 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mantan Presiden AS, George H.W. Bush dirawat di rumah sakit pada 14 Januari setelah serangan penyakit pneumonia. Mantan Ibu Negara Barbara Bush pun dirawat di rumah sakit, karena mengalami kelelahan dan batuk.

Presiden AS ke-41 ini berusia 92, sementara Barbara Bush berusia 91. Mengapa pneumonia seringkali menyerang lansia?

Salah satu alasannya adalah kekebalan tubuh yang menurun setelah usia 50 tahun. "Jadi tak mengherankan jika seseorang di atas 90 tahun mengalami kekebalan melemah," kata Dr Len Horowitz, spesialis paru-paru dari Lenox Hill Hospital, New York City.

Pneumonia yang memiliki ciri inflamasi di paru-paru lazim terjadi pada musim dingin. Selain itu, ada pula penyakit pernapasan lain seperti flu yang menular di musim dingin belahan bumi utara itu.

"Dokter selalu merawat di rumah sakit para lansia jika mereka terkena pneumonia dan perawatan di rumah sakit itu amat penting ketika lansia tersebut pun memiliki masalah medis lain," kata Horovitz.

Kendati tidak tahu kondisi kesehatan khusus mantan presiden AS itu, Horovitz mencatat bahwa Bush menggunakan kursi roda.

Ini bisa berarti Bush juga memiliki masalah kesehatan saraf yang dapat juga berarti batuknya kurang efektif membersihkan lendir atau sekresi dari paru-paru seperti orang lain yang lebih kuat.

Terapi yang digunakan mengobati pasien pneumonia bergantung pada apakah penyakit itu disebabkan oleh virus atau bakteri.

Pneumonia karena virus cenderung lebih menular, tetapi menyebabkan infeksi kurang parah dibandingkan yang bakteri.

Kerap kali dokter memberi antibiotika yang bahkan belum diketahui apakah pneumonia itu disebabkan oleh virus atau bakteri untuk berjaga-jaga agar tidak kecolongan dengan infeksi bakteri.

Untuk lansia penderita pneumonia, dokter harus lebih hati-hati memberikan prognosis definitif.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X