Kompas.com - 21/01/2017, 16:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Walau tanpa mencatat tanggal menstruasi, biasanya kita dengan mudah mengetahui kapan waktu haid akan datang. Indikatornya kita tidak bisa berhenti makan.

Sebagian besar wanita memang mengalami kondisi yang sama: perut tidak mudah kenyang karena nafsu makan yang besar menjelang haid. Penyebab kondisi ini sudah jelas, yakni perubahan hormonal.

Pada periode menstruasi, akan terjadi perubahan hormon kortisol, serotonin, progesteron, dan kadar magnesium. Untuk lebih detilnya, ketahui perubahan apa saja yang terjadi pada tubuh.

Kortisol
Lebih terkenal dengan sebutan hormon stres, tubuh kita akan memproduksi lebih banyak kortisol untuk membantu tubuh bersiap menghadapi efek menstruasi. Peningkatan kortisol juga membuat kita lebih ingin makan makanan manis.

Serotonin
Peningkatan kadar kortisol akan menyebabkan penurunan serotonin, si hormon bahagia. Karena serotonin berkurang di masa menstruasi, nafsu makan pun meningkat. Hal itu terjadi karena ada banyak makanan yang bisa menggantikan perasaan nyaman yang biasanya dikontrol oleh serotonin.

Konsumsi karbohidrat biasanya akan meningkatkan level serotonin. Makin banyak kita makan, perasaan akan semakin nyaman.

Progesteron
Menjelang dan selama haid kadar hormon progesteron juga anjlok. Kondisi itu membuat gejala-gejala PMS muncul, salah satunya perasaan sedih. Ini adalah alasan lain mengapa tubuh kita menginginkan karbohidrat karena dapat meningkatkan level serotonin. Sekali lagi, makan bisa jadi cara sementara mengembalikan mood.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Magnesium
Apakah Anda jadi ingin ngemil cokelat saat akan haid? Ternyata itu merupakan respon normal tubuh karena turunnya kadar magnesium. Cokelat memang banyak mengandung magnesium.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.