Kompas.com - 19/01/2017, 16:25 WIB
Ilsutrasi. Ilsutrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Perangkat pemancung hidungnose lifter” yang menjanjikan hidung mancung dalam 30 detik semakin populer.

Pada bulan Agustus 2016, vlogger asal Filipina Raiza Contawi mengiklankan “Nose Lifter” melalui YouTube dan menunjukkan bagaimana memasukkan sebuah alat berbentuk cekung ke dalam hidung dapat membuat hidung penggunanya lebih mancung sesuai harapan.

Menurut deskripsi produk yang kerap dijual secara online, perangkat pemancung hidung tersebut dapat memerbaiki berbagai masalah bentuk hidung, baik hidung datar, hidung lebar dan bulat, hidung bengkok, menjadi hidung mancung yang indah.

Namun, Profesor Richard Harvey, kepala Rhinology di UNSW Australia di Sydney, mengatakan bahwa perangkat ini terlalu bagus untuk menjadi kenyataan.

Tidak hanya menimbulkan bahaya untuk kerangka tulang rawan hidung, tetapi juga memiliki potensi untuk mengganggu lapisan organ dan menyebabkan gangguan pada pernapasan.

Harvey juga mengatakan, perangkat kecil “Nose Lifter” juga dapat tersedot ke bagian belakang hidung, menyebabkan kerusakan permanen.

Ia menyarankan, bagi mereka yang tertarik untuk mengubah bentuk hidung, carilah bantuan profesional ketimbang membeli perangkat pemancung hidung apapun, demi kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika seseorang benar-benar khawatir tentang bentuk dan fungsi hidung mereka, konsultasikan ke dokter yang menangani perawatan kosmetik," kata Harvey.

"Mereka dapat menjelaskan tentang pro dan kontra dari berbagi macam treatment secara ilmiah," tegasnya.



Sumber MSN.com

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X