Kompas.com - 18/01/2017, 15:09 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ada sejumlah cara, tidak terkecuali mitos, yang katanya dapat menentukan jenis kelamin bayi. Namun, sekarang sudah ada hasil penelitian yang bisa dipercaya mengenai faktor penentu jenis kelamin bayi dalam kandungan.

Peneliti menemukan, bahwa tekanan darah seorang calon ibu pada saat konsepsi dapat memengaruhi jenis kelamin anaknya.

Studi ini mengatakan bahwa wanita yang mengandung bayi laki-laki cenderung memiliki tekanan darah yang lebih tinggi sebelum terjadinya kehamilan (106 mmHg) daripada wanita yang memiliki bayi perempuan (103 mmHg).

Namun, masih belum jelas apakah wanita dapat memilih jenis kelamin dengan sengaja dengan cara mencocokkan tekanan darah dengan waktu konsepsi, atau tidak.

"Yang kami teliti di sini adalah, 'Apakah ada karakteristik fisiologis ibu sebelum kehamilan yang terkait dengan kemungkinan dia memiliki anak laki-laki atau perempuan?'" Kata penulis studi Dr Ravi Retnakaran.

Untuk penelitian ini, tim mengambil sample tekanan darah dari 1.411 wanita di Liuyang China yang berencana untuk hamil.

Faktor-faktor lain seperti usia, apakah mereka merokok atau tidak, berat badan dan kolesterol juga diperhitungkan, tapi satu-satunya faktor yang sepertinya penting adalah tekanan darah mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diduga, tekanan darah wanita yang melahirkan bayi laki-laki adalah sekitar 2,6 persen lebih tinggi daripada yang melahirkan bayi perempuan.

Walaupun temuan ini sangat menarik, para peneliti menekankan bahwa mereka tidak ingin siapapun mencoba memanipulasi tekanan darah dalam upaya untuk menentukan jenis kelamin bayinya.

"Kami tidak percaya bahwa ini adalah hubungan sebab dan akibat. Kami pikir, ini adalah penanda fisiologi yang mendasari jenis kelamin bayi, "jelas Retnakaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.