Kompas.com - 17/01/2017, 16:32 WIB
Selalu jaga kesehatan Anda. ThinkstockphotosSelalu jaga kesehatan Anda.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Orang yang gampang jatuh sakit sering dianggap sebagai orang yang lemah. Padahal, menurut studi terbaru mereka yang sering infeksi justru akan memiliki daya tahan tubuh lebih kuat.

Sering menderita sakit dianggap melatih tubuh sehingga akan terbangun sistem imun yang lebih kuat dalam jangka panjang. Demikian menurut kesimpul studi tim dari Washington University School of Medicine.

Dalam penelitian itu penyakit leishmaniasis dijadikan contoh. Leismaniasis adalah infeksi tropis yang disebabkan oleh lalat pasir sehingga terbentuk koreng di kulit hingga rongga perut.

Tim peneliti menemukan, ketika sistem imun diingatkan terus seperti apakah parasit penyebab leishmaniasis, maka sistem imun menjadi lebih waspada untuk melawan infeksi baru.

Mekanisme itu dipercaya akan terjadi pada sistem imun yang sering menghadapi berbagai bakteri dan virus, termasuk yang menyebabkan tuberkulosis, herpes, dan cacar air.

Sel sistem imun bertanggung jawab membunuh patogen dan mengaktifkan respon imun. Dalam proses tersebut, para ahli percaya bahwa kekebalan tubuh jangka panjang terkait dengan infeksi yang sering. Ini sebabnya mengapa seseorang sulit terkena infeksi yang sama dua kali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.