Kompas.com - 13/01/2017, 17:01 WIB
Presiden terpilih AS Donald Trump. REPRO BIDIK LAYAR VIA CBS NEWSPresiden terpilih AS Donald Trump.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kebijakan Presiden AS Donald Trump di bidang kesehatan dikhawatirkan sebagian kalangan di Amerika Serikat, salah satunya tentang vaksinasi.

Robert F Kennedy, seseorang yang dikenal sebagai aktivis anti-vaksin, mengaku telah diminta oleh Presiden Trump untuk menjadi ketua komite keamanan vaksinasi. Kennedy dan Trump memang diketahui telah melakukan pertemuan sebelumnya.

Namun, seperti dikutip dari CNN, tim Trump mengaku hanya berdiskusi dengan Kennedy mengenai isu vaksinasi dan kemungkinan membentuk komisi autisme. Kennedy pun mengakui adanya pembahasan mengenai kebijakan vaksinasi.

"Presiden terpilih Trump memiliki beberapa keraguan tentang kebijakan vaksinasi saat ini dan dia menanyakan hal itu," kata Kennedy.

Sebelum menjadi presiden terpilih, Trump sendiri pernah mengaitkan pemberian vaksinasi pada anak dengan risiko autisme.

Pernyataan Trump saat itu langsung ditentang para ahli. Kennedy dan Trump mengklaim sebagai kelompok yang pro vaksin, tetapi meragukan keamanan pemberian vaksin pada anak-anak.

Menurut para ahli, pernyataan tersebut justru bisa membuat para orangtua bingung untuk memberikan vaksinasi kepada anak-anak. Akhirnya, anak-anak malah tak terlindungi dari penyakit yang bisa dicegah dengan pemberian vaksin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vaksin menyelamatkan nyawa

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di AS telah memastikan semua vaksin yang beredar sudah melalui uji keamanan dan efektivitas. Sejumlah penelitian membuktikan efek samping pemberian vaksin termasuk ringan, misalnya demam.

Penelitian oleh CDC tahun 2014 juga telah membuktikan, vaksinasi telah menyelamatkan 732.000 nyawa anak-anak dan mencegah lebih dari 300 juta anak-anak terkena penyakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Mastiitis
Mastiitis
PENYAKIT
Pubertas Dini
Pubertas Dini
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.