Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Ini Angkat Bayinya dari Rahim Saat Operasi Caesar

Kompas.com - 12/01/2017, 19:29 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Operasi caesar yang tak biasa dilakukan oleh Sarah Toyer saat melahirkan anak keempatnya. Sarah ikut mengangkat sendiri bayi mungil itu dari rahimnya.

Aksi itu pun diabadikan dan diunggah Sarah di akun Facebook-nya. "Ini adalah hal yang paling luar biasa yang pernah saya lakukan," tulis Sarah.

Wanita asal Queensland, Australia itu menceritakan, sejak awal ia memang sudah merencanakan untuk ikut dalam proses pengangkatan bayinya dari rahim.

Rencana tersebut sudah ia sampaikan ke bidan, dokter, dokter, hingga ahli bedah. Namun, semua akan tergantung pada dokter bedah yang akan melakukan operasi caesar.

Ketika waktu melahirkan tiba, Sarah telah siap dengan berbaring di meja operasi. Sekitar setengah jam kemudian, ia pun mulai melihat kepala bayinya yang diangkat oleh dokter.

"Saya kemudian mengulurkan tangan dan meletakkan tangan saya di bawah lengannya, lalu saya mengangkat sisa tubuhnya keluar dari tubuh saya sendiri," kata Sarah menceritakan aksinya saat itu.

Sarah juga menggunakan sarung tangan seperti yang dipakai dokter saat mengangkat bayinya.
Sarah hanya mendapat bius lokal sehingga ia bisa tetap sadar selama operasi.

Meski tak melahirkan normal, Sarah tetap bisa menyaksikan detik-detik sang bayi keluar dari rahimnya. Untuk pertama kalinya, Sarah pun bertatap muka dan mendengar suara tangisan bayinya.

Sarah bukan orang pertama yang pernah melakukan aksi ini. Gerri Wolfe, seorang wanita yang juga berasal dari Australia pernah melakukan aksi serupa saat melahirkan dua bayi kembarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com