Kompas.com - 12/01/2017, 12:45 WIB
Ilustrasi nyamuk Aedes aegypti dan DBD TOTO SIHONOIlustrasi nyamuk Aedes aegypti dan DBD
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Momo, seorang anak berusia 2 tahun asal Thailand, mengalami kondisi misterius pada kulitnya. Kulit di hampir sekujur tubuhnya melepuh dan seperti terbakar. Menurut keluarganya, kondisi itu terjadi setelah Momo digigit nyamuk pada bagian paha.

Mulanya hanya terasa gatal seperti terkena gigitan nyamuk pada umumnya. Namun, lama-kelamaan terjadi ruam yang tak kunjung hilang. Ruam itu dengan cepat menyebar di tubuhnya.

Sebelumnya tim dokter sudah melakukan cangkok kulit di bagian paha momo yang mengalami ruam, tetapi tak berhasil.

Kini, Momo tak mampu berjalan karena kakinya kesakitan. Keluarganya juga tak mampu membiayai perawatan Momo. Sampai saat ini belum diketahui penyakit apa yang menyerang Momo dan apa penyebabnya.

National Health Service mengungkapkan, gigitan maupun sengatan serangga umumnya tidak menyebabkan masalah serius dan akan pulih dengan sendirinya dalam waktu beberapa jam atau beberapa hari. Biasanya gigitan serangga hanya membuat kulit merah, bengkak, hingga gatal-gatal untuk sementara.

Namun, terkadang gigitan serangga seperti nyamuk juga bisa menyebarkan infeksi virus. Menurut para ahli, menggaruk bekas gigitan serangga juga bisa memicu infeksi.

Peneliti dari University of Leeds telah memeringatkan untuk tidak menggaruk rasa gatal setelah digigit serangga. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh gigitan serangga antara lain, malaria, demam berdarah, hingga lyme.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apabila memgalami demam, mengigil, hingga sakit kepala setelah digigit nyamuk atau serangga lainnya, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Angiosarkoma
Angiosarkoma
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.