Kompas.com - 11/01/2017, 21:09 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tidak ada orang yang ingin sakit, apalagi sakit infeksi seksual menular seperti sifilis. Tapi apa daya, kadang sifilis datang tanpa diduga, entah karena kelalaian diri sendiri ataupun pasangan. Atau bahkan, penularan dari ibu hamil pada bayi yang di kandungnya.

Melonjaknya angka penderita sifilis di Jepang hingga 77 persen dari sepuluh tahun sebelumnya, membuat pemerintah Jepang mendorong warga yang merasa diri mereka berisiko terserang sifilis untuk menjalani pemeriksaan secepatnya.

Mereka yang mencurigai dirinya tertular bakteri penyebab sifilis, sangat dianjurkan untuk segera memeriksakan diri. Semakin cepat sifilis diobati, semakin besar kemungkinan Anda sembuh sebelum terjadi kerusakan yang berarti.

Sifilis tahap pertama dan kedua diobati dengan menggunakan suntikan antibiotik tunggal atau minum tablet atau kapsul antibiotik.

Penisilin adalah jenis obat yang paling umum untuk sifilis, tetapi ada juga beberapa jenis antibiotik lain yang dapat digunakan.

Jangan lupa beritahukan kepada dokter jika Anda alergi terhadap penisilin. Biasanya, pengobatan berlangsung sekitar 10-14 hari tapi kadang-kadang bisa lebih lama.

Jika dokter menduga kuat Anda tertular infeksi sifilis, pengobatan dapat dimulai sebelum hasil tes keluar. Jika pasangan Anda didiagnosis sifilis, maka Anda pun akan diberi pengobatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Obat untuk sifilis hanya bisa didapat dengan resep dokter. Tidak ada bukti bahwa terapi komplementer dapat menyembuhkan sifilis. Pengobatan sifilis dapat dan aman diberikan pada ibu hamil jika dilakukan sesuai petunjuk dokter.

Seberapa efektifkah pengobatan untuk sifilis?

>Untuk sifilis tahap pertama dan kedua
Pengobatan antibiotik sangat efektif untuk sifilis tahap pertama dan kedua. Sepanjang dilakukan benar-benar sesuai petunjuk, sifilis di tahap ini bisa disembuhkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Asam Urat
Asam Urat
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.