Kompas.com - 11/01/2017, 20:39 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
EditorBestari Kumala Dewi

Kompas.com - Infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri spiroset Treponema pallidum sub-spesies pallidum atau sifilis, pada tahun 1999 diyakini telah menginfeksi sekitar 12 juta orang di seluruh dunia. Sembilanpuluh persen kasus terjadi di negara berkembang.

Ketika obat penicilin ditemukan pada tahun 1940-an, sebenarnya angka kasus sudah menurun drastis tapi kemudian naik lagi sejak pergantian milenium.

Bahkan kini, angka penderita sifilis melonjak tajam di Jepang. Dari jumlah penderita 2.412 menjadi 4.259 dalam kurun waktu setahun. Ini berarti melonjak tujuh kali lupat drai satu dekade sebelumnya.

Pemerintah Jepang pun mendorong warga yang merasa diri mereka berisiko terserang sifilis untuk menjalani pemeriksaan secepatnya.

Mereka yang menduga dirinya tertular bakteri spiroset Treponema pallidum sub-spesies pallidum, sebaiknya memang segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Jangan menunda.

Gejala sifilis tidak langsung muncul begitu Anda terpapar bakteri, sehingga pemeriksaan ulang kerap diperlukan.

Prosedur Pemeriksaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dokter atau perawat akan meminta Anda untuk memberikan sampel darah. Mereka akan melakukan pemeriksaan genital.

Bagi wanita, pemeriksaan ini mungkin termasuk pemeriksaan internal vagina dan untuk laki-laki pemeriksaan penis, kulup dan membuka uretra (tempat urin keluar).

Ada kemungkinan, dokter akan memeriksa anus secara internal dan eksternal. Prosedur ini berlaku untuk pria maupun wanita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Trikomoniasis
Trikomoniasis
PENYAKIT
Trakhoma
Trakhoma
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.