Perlukah Mengganti Nasi Putih dengan Nasi Merah?

Kompas.com - 11/01/2017, 14:18 WIB
Ilustrasi nasi merah. ThinkstockphotosIlustrasi nasi merah.
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
Dokter, perlukah kita mengganti nasi putih dengan nasi merah? Saya tidak ada masalah kesehatan dan juga sedang tidak diet, hanya saya pernah membaca bahwa beras merah lebih sehat. Saya sudah mencobanya dan terus terang tidak suka. Mohon penjelasannya dok mengenai seberapa penting kita memakan nasi merah untuk sehari-hari. Terima kasih.
Fidel (28), Jakarta

JAWAB:
Terima kasih Fidel untuk pertanyaannya
Ada beberapa keunggulan nasi merah dibanding nasi putih sehingga banyak orang yang beralih mengkonsumsi nasi merah, antara lain :
• Kulit luar (bran) pada beras merah tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan secara berlebihan, sehingga bran masih utuh. Bran ini kaya akan serat, mineral (seperti zat besi, zinc, kalium, mangan, dan natrium) dan vitamin terutama vitamin B.

• Kandungan serat pada beras merah akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan  membuat rasa kenyang lebih lama sehingga baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan menderita hiperkolesterolemia.

• Kandungan mineral seperti zat besi, zinc, mangan merupakan bagian dari antioksidan yang penting menjaga daya tahan serta stamina tubuh.

• Demikian juga kandungan vitamin B akan membantu pembentukan serotonin, sel darah merah, metabolisme karbohidrat, dll.

• Beras merah mempunyai indeks glikemik rendah (sekitar 50-55) dibanding beras putih sekitar 56-78 (indeks glikemik tinggi). Indeks glikemik menunjukkan seberapa cepat suatu bahan makanan meningkatkan kadar gula darah dibanding dengan glukosa. Artinya beras merah dapat dijadikan salah satu pilihan yang cukup baik dalam mengendalikan kadar gula darah, asalkan jumlah yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Untuk menjawab pertanyaan Fidel, perlukah kita mengganti nasi putih dengan nasi merah mengingat Fidel tidak terlalu suka dengan rasanya? Menurut saya tidak ada keharusan. Yang penting Fidel harus mengkonsumsi makanan sehari hari berdasarkan pola gizi lengkap dan seimbang. Artinya untuk mendapatkan semua manfaat dari beras merah dapat Fidel perolah dari bahan makanan sumber lainnya.

Sebagai contoh mendapatkan manfaat serat dari beras merah dapat melalui sumber serat lainnya seperti sayuran dan buah-buahan. Demikian juga untuk mendapatkan manfaat dari kandungan mineral dan vitaminnya.

Prinsipnya makanlah secara beragam dan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X