Kompas.com - 06/01/2017, 18:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Walau selama masa haid pada dasarnya tak memilki banyak pantangan, namun menjaga kesehatan di daerah organ intim sangat penting dilakukan setiap wanita.

Tanpa disadari banyak kebiasaan yang salah setiap menstruasi datang sehingga dapat menimbulkan gangguan pada organ intim. Seperti dikutip dari Prevention.com, setidaknya ada 6 kesalahan yang kerap dilakukan wanita saat menstruasi.

1. Jarang ganti pembalut

Terlalu lama memakai pembalut sama saja membiarkan bakteri tumbuh lebih banyak di area organ intim. Saat menstruasi, area vagina menjadi lembab sehingga menciptakan lingkungan yang nyaman untuk tumbuhnya bakteri seperti Staphylococcus aureus yang bisa melepaskan racun.

Pembalut perlu diganti setiap 3-4 jam sekali, termasuk saat darah menstruasi sudah tak banyak keluar

2. Menggunakan pembersih yang wangi

Hindari produk beraroma untuk membersihkan daerah vagina. Hal itu justru meningkatkan risikko infeksi bakteri dan jamur karena bahan kimia yang berbahaya. Vagina memiliki aroma yang khas sehingga tak perlu diberi pewangi.

3.  Douching

Douching atau istilah untuk membersihkan vagina juga tidak disarankan, apalagi saat menstruasi. Sejumlah penelitian mengungkapkan, douching malah mengganggu kesehatan vagina karena memicu infeksi bakteri maupun jamur.

Beberapa produk douching juga diduga dapat mengganggu keseimbangan pH alami di vagina sehingga membunuh bakteri baik yang melindungi area organ intim dari infeksi. Untuk membersihkan vagina sebaiknya cukup dengan air bersih atau air hangat saja.