Kompas.com - 06/01/2017, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Peneliti menemukan, resolusi diet yang dilakukan pada awal bulan Januari jarang yang bertahan lama. Apa penyebabnya?

Awal tahun bisa menjadi waktu paling sempurna untuk melakukan perubahan, salah satunya perubahan pola makan alias diet.

Bicara soal diet pada awal tahun, menurut sebuah studi asal Inggris, wanita memiliki lebih kemauan lebih besar untuk diet ketimbang pria. Sayangnya, jutaan pelaku diet awal tahun hanya bertahan dalam kurun waktu 1-2 minggu.

Isi studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Southampton itu memaparkan, dari 26 juta pelaku diet yang telah berjanji untuk melakukan diet sebagai resolusi awal tahun, sekitar 3,3 juta di antaranya mengaku gagal dalam waktu dua minggu dan 92 persen mengakui bahwa mereka tidak bertahan selama sebulan.

Makanan dengan kandungan cokelat ditemukan membuat 52 persen pelaku diet gagal. Makanan lain yang dianggap paling banyak menggagalkan diet ialah keripik, burger, ayam goreng, keju, dan alkohol.

Charlotte Crosby, penulis buku Live Fast, Lose Weight: Fat to Fit: 80 Recipes for a Healthy Lifestyle mengungkapkan bahwa pada Januari ini ada 26 juta orang yang mencoba untuk membakar kalori yang diasup selama liburan akhir tahun. Namun, sekitar setengah dari pelaku diet akan mudah menyerah akibat diet yang terlalu sulit.

Crosby mengatakan, kebanyakan orang pantang untuk makan sesuatu selama diet sehingga membuat mereka mengidam dan akhirnya makan berlebih.

Menurut dia, cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah membuat perubahan gaya hidup secara keseluruhan.

Anda bisa mengasup lebih banyak sayur dan buah, di samping tetap mengonsumsi makanan berlemak atau makanan manis favorit yang tentu telah dikurangi porsinya.

“Mulai dari berolahraga dan bergerak lebih sering walau hanya sekadar naik turun tangga, sering berjalan kaki untuk melakukan sesuatu, atau menggunakan transportasi umum ketimbang naik mobil," ujar Crosby.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Sun


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.