Kompas.com - 06/01/2017, 07:10 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anak-anak mungkin akan betah dan anteng di depan televisi menonton siaran kesukaannya. Namun, orangtua tetap perlu mendampingi buah hatinya saat menonton televisi.

Kehadiran orangtua bukan hanya membantu menerangkan makna tayangan yang sedang ditonton di TV, tapi juga berpengaruh positif pada kepercayaan diri anak.

Menurut hasil penelitian tim dari Universitas Texas, saat keluarga menonton televisi bersama-sama, anak-anak mendapatkan banyak positif dari kegiatan itu. Anak akan merasa bahagia jika orangtua juga tertarik dengan tayangan favoritnya.

Anak-anak juga diketahui belajar lebih banyak saat orangtua mendampingi mereka nonton TV. Keterlibatan orangtua dalam aktivitas anak-anak berarti banyak bagi mereka.

"Jika orangtua menonton dengan anak-anaknya, anak akan belajar banyak hal, apakah itu soal kekerasan, seks, bahasa, dan sebagainya. Orangtua seharusnya lebih menyadari pengaruh kehadirannya," kata Eric Rasmussen yang melakukan penelitian ini.

Tentu saja orangtua perlu menjawab pertanyaan anak dan mengajak diskusi tentang isi tayangan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Nyeri Kronis
Nyeri Kronis
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.