Kompas.com - 05/01/2017, 14:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda tak perlu bola kristal untuk bisa memprediksi kesehatan Anda di masa depan. Cukup periksa beberapa bagian tubuh, Anda akan mendapat perkiraan akan menderita sakit apa Anda nanti.

Kabar baiknya, semakin dini Anda menemukan tanda-tanda kemunculan suatu penyakit, semakin besar kemungkinan Anda untuk melakukan tindakan pencegahan dengan memeriksakan diri ke dokter dan menerapkan pola hidup sehat.

Periksa: Kuku Anda
Untuk: Lupus

Kuku yang sehat biasanya halus dan bersih. Jika ada warna kemerahan di bawah kuku Anda, itu bisa menjadi tanda lupus.

Lupus adalah penyakit di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat diri sendiri. Lupus juga dapat menyebabkan ruam di punggung tangan dan jari, serta bengkak di dasar kuku Anda.

Periksa: Indera penciuman
Untuk: Penyakit Alzheimer

Turunnya kemampuan mencium bau atau aroma, bisa menjadi salah satu tanda-tanda awal penyakit Alzheimer, demikian menurut sebuah studi oleh U.S. National Institute of Neurological Disorders and Stroke.

Perubahan yang terjadi pada sistem penciuman Anda karena Alzheimer, mungkin serupa dengan yang terjadi di daerah lain di otak, tetapi muncul lebih cepat.

Secara bertahap, setelah usia 70 tahun Anda akan kehilangan daya penciuman. Jika Anda kehilangan indera penciuman pada usia lebih muda, diskusikan segera dengan dokter.

Periksa: Tampilan Anda
Untuk: Serangan Jantung

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.