Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Tinggi Protein, Tahu atau Tempe?

Kompas.com - 04/01/2017, 18:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Tempe dan tahu tentu sama-sama sehat. Namun sebagai sumber pengganti protein selain daging, mana yang lebih baik?

Apakah Anda seorang vegetarian atau tidak, semua orang akan lebih sehat jika mengurangi konsumsi daging merah—yang telah dikaitkan dengan kanker.

Produk kedelai non-transgenik merupakan sumber protein yang sehat yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif, ketika mencoba untuk mengurangi konsumsi daging.

Tahu adalah produk kedelai yang paling populer di dunia dan mudah diolah, tapi tempe ternyata memiliki jumlah protein dan serat yang lebih tinggi.

Dalam 1 porsi (1/2 cangkir), tahu mengandung 10 gram protein dan 0,5 gram serat, sedangkan tempe mengandung 15,4 gram protein, dan 3,5 serat. Sehingga, tempe tak hanya memasok protein lebih banyak untuk tubuh, namun juga membuat Anda lebih mudah kenyang berkat kandungan tinggi protein.

Selain tempe lebih tinggi kalori, yaitu mengandung 160 kalori sedang tahu 97 kalori, tempe juga mengalami pemrosesan yang lebih sedikit ketimbang tahu.

Tentunya, lebih sedikit proses, maka bisa dibilang tempe lebih sehat secara umum. Mengolah tempe dalam beragam jenis makanan seperti sup, salad, casserole, atau saus pasta bahkan bisa menjadi pilihan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com