Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang Makan Sayur Hingga Stres Picu Timbulnya Jerawat

Kompas.com - 04/01/2017, 14:40 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Jerawat umumnya tumbuh pada masa pubertas akibat perubahan hormonal. Bila jerawat masih juga sering muncul di usia dewasa, penyebabnya bisa karena hormonal, kebiasaan sehari-hari, sampai pola makan.

Berdasarkan studi yang baru dilakukan, kebanyakan orang dewasa berjerawat karena kurang makan sayur dan buah-buahan. Tingkat stres yang tinggi juga bisa mendorong pertumbuhan jerawat.

Kesimpulan itu dihasilkan dari studi yang dilakukan oleh para peneliti di Italia danmelibatkan 500 wanita berusia di atas 25 tahun.

Peneliti menemukan, wanita dua kali lebih berisiko memiliki kulit berjerawat ketika mereka hanya makan sayuran tiga hari dalam seminggu. Apalagi jika tidak makan sayuran sama sekali. Selain itu, pikiran yang stres berat menyebabkan seseorang berisiko tiga kali lipat memiliki jerawat.

Orang yang kurang makan sayur dan buah-buahan biasanya akan lebih banyak konsumsi makanan yang tidak sehat. Misalnya saja, makanan dengan indeks glikemik tinggi, seperti nasi putih dan makanan tinggi gula.

Makanan yang menyebabkan gula darah melonjak cepat itu dinilai bisa memicu peradangan dan meningkatkan kadar hormon yang mengaktifkan kelenjar minyak di kulit.

Ahli dermatologi dari Mount Sinai School of Medicine, New York, Dr Debra Jaliman mengungkapkan, orang-orang yang memiliki kebiasaan makan junk food lebih mudah berjerawat.

Bila dibandingkan, wanita dewasa juga lebih banyak yang berjerawat ketimbang pria karena ketidakseimbangan kadar hormon.

Riwayat keluarga bahkan dapat menjadi salah satu faktor risiko seseorang masih sering berjerawat saat sudah beranjak dewasa. Dengan berbagai faktor risiko tersebut, kemungkinan memiliki wajah berjerawat akan berlangsung sejak remaja hingga dewasa.

Dampak berjerawat tak hanya mengganggu kesehatan kulit. Menurut British Skin Foundation, wajah berjerawat pun bisa menimbulkan masalah kesehatan mental, khususnya bagi wanita akibat sering diejek atau merasa malu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com