Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadis Kecil Ini Terkejut Saat Bisa Dengar Suaranya Sendiri

Kompas.com - 02/01/2017, 13:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Tamzin Stockdale (8) tak menyangka bisa kembali mendengar suaranya sendiri. Tamzin adalah gadis tuli yang kehilangan pendengarannya pada usia 4 tahun karena infeksi virus langka.

Tamzin mendapat implan koklea buatan yang membantunya untuk mendengar suara. Koklea atau rumah siput merupakan bagian penting dari fungsi pendengaran.

Implan elektronik yang dipasang di telinganya itu bekerja dengan cara mengirimkan sinyal suara ke otak. Namun, suara yang didengar seperti suara robot.

Dalam sebuah video yang diunggah, Tamzin pun tampak terkejut bisa mendengar kembali setelah empat tahun tanpa suara.

"Saya bisa mendengar suara ibu dan adik saya dengan kedua telinga saya. Ini sangat luar biasa," kata Tamzin.

Sebelumnya, Tamzin berkomunikasi dengan membaca gerakan bibir. Ibunya kerap mengulang perkataan berkali-kali hingga Tamzin mengerti. Namun, setelah implan koklea ini, Tamzin kembali bisa mendengar suara ketika dipanggil ibunya dari jarak jauh.

Mulanya, Tamzin lahir dengan pendengaran normal. Namun, pada usia empat tahun tiba-tiba pendengarannya hilang. Saat itu Tamzin terbangun dari tidur dan mengaku tak bisa mendengar suara ibunya. Hasil tes menunjukkan, Tamzin terinfeksi cytomegalovirus virus.

Berbagai cara pun dilakukan oleh ibu Tamzin, Kelley. Tamzin pernah mendapat implan koklea sebelumnya, tetapi tak berhasil karena virus kembali menyerang. Perjuangan Kelley tak berhenti sampai di situ.

Hingga akhirnya, awal Desember 2016 lalu Tamzin kembali mendapat implan koklea. Implan koklea kali ini pun berhasil membuat Tamzin mendengar kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com