Kompas.com - 01/01/2017, 15:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Estrogen adalah hormon khas wanita. Biarpun begitu, jumlah estrogen dalam tubuh haruslah seimbang dengan hormon lainnya, tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah.

Simak pengalaman Beth Blair dari Inggris untuk mengetahui bagaimana jadinya jika kita kelebihan hormon estrogen.

Ketika pertama bertemu dengan pelatih saya, Tomery, dia melihat saya dari atas ke bawah dan berkata, "Saya ingin Anda melakukan tes untuk mengukur tingkat estrogen. Kita akan menemukan beberapa hal yang menarik."

Hasil tes air liur saya memang menunjukkan beberapa hal menarik, termasuk bahwa estrogen saya sangat tinggi. Sebagai seorang wanita berusia 37 tahun, seharusnya saya memiliki estradiol + estrone: rasio progesteron antara 10: 1 dan 14: 1. Namun, rasio saya adalah 635:1.

Hal pertama yang saya ingin tahu adalah, bagaimana Tomery tahu "keanehan" level estrogen saya.

Dia menjelaskan bahwa wanita (dan kadang-kadang pria) dengan estrogen yang tinggi cenderung "menumpuk" berat badan mereka di pinggul dan bagian tengah tubuh. Saya adalah contoh yang sempurna.

Pertanyaan saya berikutnya adalah, "Apa efeknya jika level estrogen saya tinggi?"

"Apakah saya ekstra feminin?" kata saya sambil tertawa.

Ternyata estrogen yang tinggi bukanlah hal yang lucu. Ini dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kista ovarium, endometriosis, depresi, PMS, serta kanker payudara, ovarium, ataupun rahim.

Hal tersebut juga berperan dalam perubahan payudara fibrokistik, yang menjelaskan mengapa setiap kali saya melakukan tes mamografi, dokter memanggil saya kembali untuk pemeriksaan tambahan karena jaringan payudara yang sangat padat.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Shape

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.