Pemeran Princess Leia Hapus Stigma Gangguan Bipolar

Kompas.com - 28/12/2016, 17:00 WIB
|

KOMPAS.com - Pemeran Princess Leia di film Star Wars, Carrie Fisher meninggal dunia di usia 60 tahun setelah mengalami serangan jantung dalam perjalanan di pesawat. Ucapan dukacita pun langsung membanjiri linimasa media sosial.

Lebih dari seorang aktris, Fisher ternyata dikenal sebagai sosok yang berjuang melawan stigma masalah kesehatan mental. Ia secara terbuka menceritakan tentang gangguan bipolar yang diidapnya.

Selama ini banyak orang yang malu mengungkapkan penyakit mental sehingga sulit berkembang dalam menjalani kehidupan karena tak mendapat pengobatan.

Fisher mengubah pandangan itu. Aktris yang bermain dalam dua sekuel film "Star Wars" ini aktif memotivasi orang-orang dengan gangguan jiwa untuk bisa mencapai tujuan dan meningkatkan martabat.

"Kami telah diberi penyakit yang menantang. Jadi tidak ada pilihan lain selain untuk menghadapi tantangan itu. Anggap saja sebagai sebuah kesempatan untuk menjadi heroik," kata Fisher dalam sebuah wawancara yang pernah dilakukan.

Fisher didiagnosis gangguan bipolar pada usia 24 tahun. Awalnya, ia mengingkari kondisi itu dan sempat menggunakan narkoba dan kecanduan alkohol.

Hingga akhirnya Fisher bangkit dan menulis buku mengenai perjuangannya mengatasi gangguan bipolar berjdul "Postcards from the Edge." Fisher juga mengingatkan pentingnya bergabung dengan komunitas yang berisi orang-orang dengan gangguan mental.

Orang dengan bipolar disebut mengalami ketidakseimbangan neurotransmitter. Hal itu membuat mereka seirng mengalami perubahan mood atau suasana hati secara drastis dalam waktu tertentu.

Menurut seorang penulis blog kesehatan mental, Natasha Tracy, kejujuran Fisher mengenai penyakit bipolarnya telah memberikan harapan bagi banyak orang untuk bisa menjalani hidup lebih baik dan sukses.

Banyak yang mengapresiasi Fisher karena telah berani bersuara mengenai penyakit mental. Selamat jalan, 'Princess Leia'.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber today.com
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X