Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2016, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Memilih kosmetik bukan hanya soal cocok dan tidak cocok, murah atau mahal, tetapi aman atau tidak bagi kesehatan.

Baru-baru ini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) di Amerika Serikat mengingatkan kembali batas kandungan timbal dalam kosmetik yang beredar di pasaran.

FDA menyarankan paparan timbal tak boleh lebih dari 10 ppm untuk produk kosmetik seperti lipstik, lip gloss, lip liners, juga eye shadow, blushes, losion tubuh, dan shampo.

Menurut Environmental Protection Agency AS, timbal merupakan unsur alami yang ditemukan dalam jumlah kecil. Timbal dapat menjadi racun bagi manusia apabila terus terpapar dalam jumlah berlebihan.

Paparan timbal yang berlebihan bisa membahayakan kesehatan tubuh, seperti masalah kardiovaskular, ginjal, hingga masalah reproduksi.

Pada wanita hamil, dikhawatirkan bisa menyebabkan kelahiran prematur dan menghambat pertumbuhan janin. Bahan berbahaya tersebut bisa masuk melalui kulit hingga air liur saat memakai lipstik.

FDA mengatakan, produk kosmetik di AS yang beredar di pasaran sebagian besar sudah memenuhi aturan aman kandungan kosmetik.

FDA AS mengaku akan mendorong dilakukannya penegakkan hukum terhadap produsen yang memasarkan kosmetik tidak sesuai dengan batas aman yang ditentukan.

Di Indonesia sendiri, juga ada BPOM yang menguji keamanan kosmetik. BPOM pun kerap menemukan produk kosmetik ilegal yang mengandung bahan berbahaya, seperti timbal yang berlebihan dan merkuri. Masyarakat sebaiknya membeli kosmetik yang sudah memiliki izin edar oleh BPOM. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+