Kompas.com - 23/12/2016, 13:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menurut American Optometric Association, mata kering adalah kondisi di mana seseorang tidak memiliki cukup air mata yang berkualitas untuk melembabkan dan menutrisi matanya.

Air mata adalah faktor utama untuk menjaga kesehatan permukaan mata dan menjernihkan penglihatan. Mata kering adalah keluhan yang sangat umum, terutama pada lansia.

Dengan setiap kedipan mata, air mata menyebar ke seluruh permukaan mata, termasuk kornea, kata Rosie Gavzey, spesialia optometris di Eyecare Trust.

Air mata menyediakan kelembaban, mengurangi risiko infeksi dan mengusir keluar benda-benda asing yang masuk ke mata, menjaga permukaan mata tetap sehat dan jernih.

Air mata berlebihan akan mengalir ke saluran drainase kecil di sudut-sudut dalam kelopak mata, lalu mengalir ke bagian belakang hidung. Mata kering dapat terjadi ketika produksi air mata dan drainase tidak seimbang.

Untuk membantu meringankan gejala sindrom mata kering atau dry eyes syndrome (DES), cobalah lakukan saran ini di rumah.

1. Tempatkan humidifier atau pelembab udara di dalam rumah. Dengan lebih banyak uap air di udara, air mata akan menguap lebih lambat dan menjaga mata Anda lebih nyaman.

2. Pergerakan udara yang berlebihan dapat mengeringkan mata Anda. Hindari ini dengan mengurangi kecepatan kipas langit-langit.

3. Pijat kelopak mata menggunakan sampo bayi dan bilas dengan kompres air hangat. Sampo bayi bertekstur lebih tebal dan berpelumas. Hal ini sangat membantu jika Anda memiliki radang kelopak mata atau punya masalah dengan kelenjar di kelopak mata.

Kompres hangat akan menghangatkan minyak di kelenjar, sehingga air mata mengalir dengan lebih mudah. Aksi memijat membantu menarik minyak dari kelenjar.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber WebMD

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.