Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenali 10 Gerak-gerik Seseorang Ketika Berbohong

Kompas.com - 23/12/2016, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Bahasa tubuh merupakan salah satu cara seseorang menyampaikan pesan. Karena itu penting bagi kita untuk mempelajari gerak-gerik alias bahasa tubuh dari seseorang. Salah satunya mempelajari bahasa tubuh seseorang yang sedang berbohong.

Berikut 10 gerak-gerik seseorang ketika berbohong:

1. Mengulangi pertanyaan

Seseorang yang berbohong cenderung mengulangi pertanyaan ketika kita bertanya kepadanya. Misalnya, kita bertanya “Ke mana kamu tadi malam?” jika ia berbohong ia akan cenderung balik bertanya, “Ke mana aku tadi malam?”

2. Mengambil jeda dalam berbicara

Pembohong akan terdiam sejenak ketika tiba-tiba ditanyai pertanyaan yang sulit. Maksudnya adalah untuk memikirkan kebohongan apa yang hendak disampaikan.

3. Menjelaskan tidak detail

Kita mungkin berpikir bahwa pembohong akan berbelit-belit ketika menjelaskan sesuatu. Namun penelitian membuktikan bahwa sebetulnya pembohong cenderung menjelaskan sesuatu dengan tidak detail dan cenderung singkat.

4. Sangat sering menggunakan kata “sejujurnya..”

Seorang pembohong akan berusaha menegaskan kebohongannya agar pernyataannya terlihat benar. Ia sering menggunakan kata “sejujurnya” “sebenarnya” dengan tujuan penegasan, bukan pengakuan.

5. Lambat dalam menjelaskan sesuatu

Seorang yang berbohong biasanya memperlambat kata-katanya ketika mulai berbicara. Perhatikan irama dan nada bicaranya, jika dimulai dengan lambat, kemungkinan besar ia berbohong.

6. Tiba-tiba berbicara formal

Tipikal orang yang sedang berbohong ialah tiba-tiba berbicara formal dan tampak tidak santai walau berada di suasana yang santai.

7. Kalimatnya terpotong-potong

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com