Sibuk Mengurus Keluarga, Ibu Juga Butuh "Me Time"

Kompas.com - 22/12/2016, 08:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Peran ganda yang dimiliki para ibu di era modern membuat kepenatan dan juga stres lebih gampang melanda. Karenanya, seorang ibu juga perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri atau dikenal dengan istilah 'me time'.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani atau yang akrab disapa Nina ini mengatakan, seorang ibu sangat butuh me time agar tidak mudah stres. Apalagi hampir setiap hari menjalani rutinitas untuk mengurus anak, rumah, hingga pekerjaan.

"Kalau mama stres, nanti bisa pengaruh ke banyak hal, bagaimana mengasuh anak-anaknya," kata Nina. dalam acara kampanye #HariMamaTiapHari oleh Lactamil di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Bagi para ibu yang masih memiliki bayi atau mungkin balita, me time seharian penuh, seperti pergi ke salon atau spa seharian, rasanya sulit dilakukan. Menurut Anna, me time pun sebenarnya bisa dilakukan dengan singkat.

Seperti apa saja kegiatan memberi waktu bagi diri sendiri yang singkat? Pertama, bisa dengan menarik napas panjang dengan tenang selama beberapa kali. Kemudian, duduk dengan santai dan nyaman tanpa melakukan maupun memikirkan apapun. Bisa juga dengan melakukan peregangan maupun yoga.

Melakukan hal-hal sederhana yang disukai juga termasuk me time, seperti sekedar  menikmati minuman kesukaan, atau mendengarkan lagu-lagu favorit. Saat mulai penat, cucilah wajah dan rasakan sejumlah masalah di raut wajah meluruh bersama air.

Para ayah pun sebaiknya memahami ibu ketika harus me time. Sebab, meluangkan waktu hanya untuk diri sendiri bukan berarti ingin melepas tanggung jawab.

Dengan me time sejenak, seorang ibu justru dapat kembali menjalani rutinitasnya seperti suasana baru dan akan penuh semangat.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X