Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2016, 08:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peran ganda yang dimiliki para ibu di era modern membuat kepenatan dan juga stres lebih gampang melanda. Karenanya, seorang ibu juga perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri atau dikenal dengan istilah 'me time'.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti Ariani atau yang akrab disapa Nina ini mengatakan, seorang ibu sangat butuh me time agar tidak mudah stres. Apalagi hampir setiap hari menjalani rutinitas untuk mengurus anak, rumah, hingga pekerjaan.

"Kalau mama stres, nanti bisa pengaruh ke banyak hal, bagaimana mengasuh anak-anaknya," kata Nina. dalam acara kampanye #HariMamaTiapHari oleh Lactamil di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Bagi para ibu yang masih memiliki bayi atau mungkin balita, me time seharian penuh, seperti pergi ke salon atau spa seharian, rasanya sulit dilakukan. Menurut Anna, me time pun sebenarnya bisa dilakukan dengan singkat.

Seperti apa saja kegiatan memberi waktu bagi diri sendiri yang singkat? Pertama, bisa dengan menarik napas panjang dengan tenang selama beberapa kali. Kemudian, duduk dengan santai dan nyaman tanpa melakukan maupun memikirkan apapun. Bisa juga dengan melakukan peregangan maupun yoga.

Melakukan hal-hal sederhana yang disukai juga termasuk me time, seperti sekedar  menikmati minuman kesukaan, atau mendengarkan lagu-lagu favorit. Saat mulai penat, cucilah wajah dan rasakan sejumlah masalah di raut wajah meluruh bersama air.

Para ayah pun sebaiknya memahami ibu ketika harus me time. Sebab, meluangkan waktu hanya untuk diri sendiri bukan berarti ingin melepas tanggung jawab.

Dengan me time sejenak, seorang ibu justru dapat kembali menjalani rutinitasnya seperti suasana baru dan akan penuh semangat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com