Kompas.com - 21/12/2016, 19:59 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat hamil, wanita mengalami perubahan hormonal sehingga biasanya lebih sensitif. Setelah melahirkan, seorang wanita juga belum tentu terbebas dari stres.

Mereka bisa mengalami baby blues hingga depresi pasca-kelahiran. Dukungan suami sangat dibutuhkan selama masa tersebut.

Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti mengatakan, dukungan dari suami bisa dengan memberikan pelukan. Menurut psikolog yang akrab disapa Nina ini, memeluk adalah cara yang sangat sederhana, tetapi manfaatnya luar biasa.

"Memeluk itu salah satu cara paling efektif untuk menahan depresi," kata Nina dalam diskusi bertajuk Lactamil Ajak Keluarga Cipatakan #HariMamaTiapHari di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Nina menjelaskan, berpelukan mengaktifkan sesori peraba. Hal itu dapat membantu istri merasa nyaman dan meningkatkan suasana hatinya jadi lebih baik.

"Ketika dilakukan suami ke istri, akan memperkuat ikatan mereka. Dengan ikatan yang bagus, mereka akan menjadi orangtua lebih baik lagi," ujar Nina.

Selain memeluk, bisa juga dengan melontarkan kata-kata kalimat positif kepada istri. Kata-kata yang positif juga bisa membuat perasaan lebih nyaman. Nina mencontohkan, ucapkanlah "I love you", "terima kasih sayang", atau kalimat pujian.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hindari kata-kata kasar dan mengumpat. Selain tidak ada gunanya, kata-kata tersebut bisa membuat istri tambah stres.

"Jadilah suami yang memgerti istrinya, perbanyaklah memeluk atau membelai istri dan ucapkan kata-kata yang manis pada istri," imbau Nina.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.