Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2016, 15:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Apakah jarum atau darah membuat Anda merasa pusing dan gemetar? Jika ya, mungkin ada keinginan untuk mengeliminasi rasa takut tersebut.

Pasalnya, berani dengan jarum suntik dapat memberi keuntungan pada Anda. Misalnya, obat yang diberikan oleh dokter, bekerja lebih cepat saat diberikan via pembuluh darah dan masih banyak lagi prosedur medis penting yang harus dilakukan dengan menggunakan jarum suntik dan beberapa melibatkan darah.

Simak penjelasan dari Dr. Roshini Rajapaksa, gastroentrologis dari NYU Langone Medical Center tentang bagaimana caranya agar kunjungan Anda ke dokter berikutnya, tak lagi menakutkan.

Menurut Rajapaksa, ketakutan yang Anda alami disebut respon vasovagal, refleks yang terjadi ketika tubuh Anda bereaksi berlebihan terhadap pemicu tertentu, misalnya darah atau jarum.

Pemicu itu merangsang saraf yang kemudian menyebabkan detak jantung Anda melambat dan tekanan darah Anda menurun. Akibatnya, Anda mungkin tiba-tiba merasa demam atau pusing, pucat, atau bahkan kehilangan kesadaran.

Untuk mengatasi pusing ketika sample darah Anda harus diambil oleh dokter, praktikkan teknik pereda ketegangan berikut ini: Tegangkan otot-otot tubuh Anda selama 10 sampai 15 detik, kemudian lepaskan selama 20 sampai 30 detik.

Hal ini akan membantu meningkatkan tekanan darah dan mencegah rasa ingin pingsan. Minta kepada dokter agar Anda boleh berbaring dan layangkan pandangan Anda ke arah lain selain tangan Anda. Dengan demikian, perhatian Anda akan teralih dari jarum suntik dan darah yang mengalir.

Dunia medis belum sepenuhnya mengerti mengapa ada beberapa orang memiliki respon vasovagal dan yang lainnya tidak.

Para dokter percaya, biasanya respon vasovagal tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan khusus, terutama jika itu tidak mengurangi kualitas hidup Anda. Tetapi, jika reaksi vasovagal muncul secara konstan dan begitu buruk sampai Anda melewatkan jadwal vaksin, dan prosedur penting medis lainnya, sebaiknya Anda berkonsultasi ke psikolog.

Mereka dapat membantu Anda mengatasi ketakutan dengan menggunakan terapi pemaparan atau exposure therapy yang terukur (di mana Anda berlatih berada di hadapan jarum sampai Anda tidak lagi terlalu peka terhadap jarum suntik).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com